Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (Foto: Eman)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (Foto: Eman)

Pertumbuhan Sektor TIK di Atas Ekonomi Nasional

Selasa, 28 Desember 2021 | 22:19 WIB
Whisnu Bagus Prasetyo (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan bahwa pertumbuhan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada 2021 di atas rata-rata ekonomi nasional.

"Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan sektor sektor informasi dan komunikasi pada kuartal I-2021 yakni 8,7%, kuartal II sebesar 6,87%, dan kuartal III sebesar 5,51% year-on-year. Tren ini jauh di atas pertumbuhan rata-rata nasional,” ujar Johnny, dalam acara ‘Mendigitalkan Indonesia: Restrospeksi Kemenkominfo 2021 dan Outlook 2022’ di Jakarta, Selasa (28/12).

Advertisement

Menurut dia, pertumbuhan TIK tersebut didorong oleh adaptasi oleh masyarakat akibat pandemi Covid-19. Aktivitas mereka berubah dari ruang fisik ke digital. "Sektor informasi dan komunikasi di dunia dan Indonesia sangat tumbuh, ini respons dan adaptasi yang luar biasa selama pandemi," kata dia.

Karena itu, tugas Kemenkominfo menjadi begitu penting menyiapkan fondasi-fondasi bagi kehidupan bermasyarakat dalam rangka mengisi dan mengantisipasi aktivitas masyarakat yang beralih ke ruang digital.

Johnny menjelaskan, untuk memfasilitasi aktivitas masyarakat, pihaknya pun mempercepat penyediaan solusi digital untuk mendorong trasformasi digital di berbagai sektor.

“Jadi, saya melihat ini seperti blessing in disguise saat pandemi di mana masyarakat dunia dan secara khusus Indonesia, kita bergerak secara cepat masuk ke era baru, era digital, sejalan juga dengan instruksi teknologi itu sendiri,” imbuhnya.

Akselerasi program tersebut dinilai penting untuk dilakukan untuk mengembalikan momentum pertumbuhan ekonomi nasional dan aktivitas ekonomi masyarakat di berbagai daerah dan sektor.

Upaya akselerasi tersebut dilakukan dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur digital, seperti jaringan fiber optik, satelit, hingga menara base tranceiver station (BTS) di wilayah yang belum terjangkau akses telekomunikasi.

“Kita harus melakukan akselerasi karena transformasi digital ini dilakukan di semua layer (lapisan) dan semua level di Indonesia,” tutur Menkominfo.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN