Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate (tengah), saat konferensi pers secara virtual terkait merger dan akuisisi antara PT Indosat Tbk dan PT Huthcison 3 Indonesia, Selasa (4/1)

Menkominfo Johnny G Plate (tengah), saat konferensi pers secara virtual terkait merger dan akuisisi antara PT Indosat Tbk dan PT Huthcison 3 Indonesia, Selasa (4/1)

Merger Indosat-Hutchison 3 Indonesia, Menkominfo: Langkah Konkret Pelaksanaan UU Cipta Kerja

Selasa, 4 Januari 2022 | 19:15 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merestui langkah merger dan akuisisi antara operator telekomunikasi PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia.

Langkah merger dan akuisisi kedua perusahaan ini dinilai sebagai langkah konkret dari pelaksanaan Undang-Undang Cipta Kerja No 11 tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah (PP) No 46 tahun 2021 tentang Pos Telekomunikasi dan Penyiaran (Postelsiar).

“Melalui proses konsolidasi industri telekomunikasi, merger dan akuisisi antara kedua perusahaan ini, menjadi hasil konkret dari pelaksanaan UU Cipta Kerja, No 11 tahun 2020 dan PP 46 tahun 2021 tentang pos telekomunikasi dan penyiaran (postelsiar), di mana hari ini saya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) telah memberikan persetujuan atas merger dan akuisisi kedua perusahaan ini,” kata Johnny G Plate, Menkominfo melalui virtual conference, Selasa (4/1).

Menurut Johnny, langkah merger dan akuisisi ini sesuai dengan keputusan Menkominfo No 7 tahun 2022 tentang persetujuan penggabungan penyelenggaraan telekomunikasi PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia.

“Dengan diterbitkan keputusan Menkominfo ini, maka seluruh hak dan kewajiban PT Hutchison 3 Indonesia yang terkait dengan penyelenggaraan telekomunikasi beralih menjadi hak dan kewajiban PT Indosat Tbk,” ujar Johnny.

Hak dan Kewajiban

Johnny menjelaskan, hak dan kewajiban yang dimaksud adalah, hak penggunaan penomoran telekomunikasi, kewajiban pembangunan jaringan dan jasa telekomunikasi, kewajiban menjamin keberlangsungan memberikan layanan kepada pelanggan, kerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi lainnya, kewajiban pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP), berupa Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi dan biaya hak penggunaan spektrum frekuensi radio, serta kontribusi dana Universal Service Obligation (USO).

“Izin penyelenggaraan jaringan telekomunikasi dan izin peenyelenggaraan jasa telekomunikasi PT Indosat Tbk akan dimuthakirkan dengan memasukan seluruh hak dan kewajiban PT Hutchison 3 Indonesia. Izin penyelenggaraan jasa sistem telekomunikasi data PT Hutchison 3 Indonesia akan dialihkan menjadi izin penyelenggaraan jasa sistem telekomunikasi data PT Indosat Tbk,” jelas Johnny.

Johnny mengungkapkan, PT Indosat Tbk setelah merger dan akuisisi wajib untuk memenuhi komitmen sebagai berikut, pertama, menambah jumlah site baru paling seidkit 11.400 site sampai 2025. sehingga secara total jumlah site PT Indosat paling sedikit berjumlah 52.885 site pada 2025.

Kedua, memperluas cakupan wilayah yang terlayani oleh layanan seluler, paling sedikit sebanyak 7660 desa/kelurahan baru hingga 2025. sehingga secara total cakupan wilayah yang terlayani oleh layanan seluler PT Indosat Tbk paling sedikit berjumlah 59538 desa/keluaran pada 2025.

“Ketiga, meningkatkan kualitas layanan sampai 2025 paling sedikit 12,5% untuk download troughput dan 8% untuk upload troughput,” tegas Johnny.

Johnny menuturkan, pencabutan seluruh izin penyelenggaraan jaringan telekomunikasi dan izin penyelenggaraan jasa telekomunikasi PT Hutchison 3 Indonesia dan penyesuaian atau pemutakhiran izin penyelenggaraan telekomunikasi dan izin penyelenggaraan jasa telekoumunuikasi PT Indosat Tbk dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan terkait dengan penyelenggaran perizinan usaha berbasis risiko.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN