Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Teknisi merawat jaringan XL Axiata. (IST)

Teknisi merawat jaringan XL Axiata. (IST)

Trafik Layanan Data XL Axiata Melonjak 38% saat Nataru

Selasa, 4 Januari 2022 | 20:51 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Trafik layanan data/internet PT XL Axiata Tbk naik hingga 38% sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan data perseroan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS justru turun sebesar 3% dibandingkan hari biasa.

XL Axiata pun berhasil mengawal dan melayani kebutuhan data pelanggan sepanjang Nataru lalu dengan baik. Hal ini menjadi komitmen perseroan dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2021.

”Jauh-jauh hari, kami sudah menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur panjang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” ujar Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, dalam pernyataannya, Selasa (4/1).

Menurut dia, penyiapan jaringan dilakukan karena berdasarkan dinamika di masyarakat, terutama adanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata, sejak awal diprediksi ada kenaikan trafik data meskipun belum seperti saat sebelum pandemi Covid-19.

Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan, XL Axiata meningkatkan kapasitas hingga dua kali lipat, pengerahan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area rawan bencana, serta penyiapan merekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Realisasinya, data XL Axiata pun menunjukkan tinginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru lalu. Selain itu, meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area permukiman tetap naik sekitar 2% dibandingkan hari normal.

Beberapa kawasan permukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tradik data, terutama di Kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang, dan sebagainya.

Sementara itu, keseluruhan trafik layanan selama periode Nataru lalu didominasi oleh trafik dari aktivitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial 29%, streaming video sebesar 21%, games 4%, dan lain-lain 4%. 

Dari sisi kenaikan trafik, aktivitas games peningkatan trafiknya mencapai hingga 183%, kemudian akses fail sebesar 24%, streaming 11%, serta web browsing sebesar 8%.

Selanjutnya, untuk trafik aktivitas video call dan conference, Facebook meningkat 27%, Telegram 22%, serta Line dan WhatsApp masing-masing 10%. Sedangkan untuk trafik akses media sosial, Instagram meningkat 33%, disusul WhatsApp 30%,Twitter 19%, serta Facebook 18%.

Trafik akses ke layanan belanja online, termasuk Lazada, Shopee, dan Tokopedia, meningkat sebesar 62%. Sementara itu, trafik ke layanan aplikasi travelling, termasuk Traveloka, Agoda, dan Tiket.com meningkat sekitar 95%.

Peta Jalan dan BTS

Seperti biasanya, selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) pada layanan XL Axiata juga meningkat sebesar 13%. “Sementara itu, trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana dan Ovo) mengalami penurunan hampir 1%,” tutur Gede Darmayusa.

Saat ini, XL Axiata memiliki pelanggan 57,98 juta dan diperkuat dengan lebih dari 153 ribu BTS, termasuk lebih dari 69 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE juga terus diperluas dan saat ini sudah menjangkau lebih dari 458 kota/kabupaten di wilayah  Indonesia.

Perseroan pun terus investasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, serta kualitas layanan data seiring dengan tren meningkatnya trafik layanan data.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN