Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi fungsi solusi Qiscus CRM. (IST)

Ilustrasi fungsi solusi Qiscus CRM. (IST)

Qiscus Luncurkan Solusi Qiscus CRM

Rabu, 23 Maret 2022 | 18:55 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA - Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform customer engagement untuk kalangan bisnis dari skala medium hingga besar asal Indonesia, baru saja meluncurkan solusi Qiscus Customer Relationship Management (CRM).

Di tengah urgensi kalangan bisnis untuk melakukan transformasi digital akibat pandemi Covid-19, Qiscus telah mengembangkan dan meluncurkan berbagai fitur baru, salah satunya Qiscus Robolabs. Keberhasilan ini mendorong Qiscus untuk terus menghadirkan berbagai fitur baru, termasuk Qiscus CRM pada kuartal I-2022.

CRM merupakan teknologi untuk membantu kalangan bisnis guna mengelola hubungan dan interaksi dengan pelanggan serta menjadi fondasi awal yang menguntungkan bagi pelanggan.

“Penting bagi pelaku bisnis untuk meraih lebih banyak pelanggan, memonitor proses penjualan secara menyeluruh, dan mengelola informasi pelanggannya,” ujar CTO Qiscus Evan Purnama, dalam pernyataannya, dikutip Rabu (23/03/2022).

Baca juga: Hadirkan Robolabs, Qiscus Bantu Bisnis Buat Chatbot Tanpa Coding

Karena itu, menurut dia, Qiscus terus berupaya untuk memberikan solusi bagi bisnis dengan meluncurkan Qiscus CRM yang dapat diintegrasikan dengan Qiscus Omnichannel Chat.

“Kini, pelaku bisnis dapat melakukan komunikasi dengan pelanggan sembari mengakses CRM di dalam satu dashboard dengan mudah,” imbuhnya.

Menilik Survei yang dilakukan Deloitte, 92% responden mengutip CRM sebagai kunci prioritas untuk mengaktifkan strategi bisnis. Lebih lanjut, Deloitte juga menjelaskan bahwa CRM sangat berguna untuk perusahaan karena dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai pelanggan dan pasar.

“Dengan menggunakan CRM, perusahaan juga akan lebih memahami alur penjualan dan langkah yang harus diambil pada setiap tahapannya,” tutur Evan.

Baca juga: Hybrid Cloud dan AI Geser Preferensi Belanja Konsumen

Nilai pasar CRM saat ini berada pada angka sekitar US$ 42,1 miliar dan diperkirakan terus meningkat dan mencapai US$ 94,4 miliar tahun 2027. Lebih lanjut, riset KBV juga menemukan bahwa pertumbuhan compound annual growth rate (CAGR) dari CRM 11,3% dari 2021 hingga tahun 2027. Hal ini memperlihatkan bahwa kebutuhan CRM semakin meningkat. 

Selain untuk untuk membantu kalangan bisnis mengelola hubungan dan interaksi dengan pelanggan, lanjut Evan, CRM  dapat dimanfaatkan untuk mengelola proses penjualan (sales) dan membantu pencatatan data pelanggan. Hal ini diharapkan dapat mendorong tingkat penjualan serta meningkatkan pendapatan perusahaan.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN