Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Myriad Social. Foto: Ist

Myriad Social. Foto: Ist

Perkenalkan, Platform Terdesentralisasi Myriad Social

Minggu, 10 April 2022 | 22:11 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Myriad Social menjadi sebuah platform terdesentralisasi di mana memungkinkan penggunanya memantau topik di banyak media sosial sekaligus, seperti Twitter, Reddit, hingga Facebook. Selain itu, memungkinkan penggunanya mengirimkan dan menerima donasi.

"Myriad Social ingin memperjuangkan teknologi desentralisasi bagi para aktivis, namun di sisi lain tetap bisa menerapkan aturan bagi penggunanya sehingga jadi jalan tengah bagi semua pihak," ungkap Founder Myriad.Social Pandu Sastrowardoyo melalui pernyataan tertulis dikutip Minggu (10/4/2022).

Baca juga: Aplikasi Tlusure, Marketplace yang Siap Dukung Pemulihan Industri Pariwisata Lewat "Mood"

Tentunya visi ini, tambah dia, membutuhkan banyak dukungan dari komunitas dan para aktivis yang mendukung diterapkannya transparansi dalam banyak hal.

Sebelumnya, diblokirnya pengumpulan dana untuk Freedom Convoy oleh GoFundMe menciptakan isu pentingnya desentralisasi dalam aktivisme. Dalam aksi yang memprotes pewajiban vaksinasi Covid-19 dan berbagai pembatasan yang dilakukan Pemerintah Kanada terhadap para supir kontainer yang melalui perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, secara tiba-tiba GoFundMe membekukan akun pengumpulan dana yang telah berhasil mengumpulkan US$10 juta.

Baca juga: FOMO, Saham GoTo Bakal Terus Diburu?

Meskipun akhirnya diralat, GoFundMe sempat secara sepihak memutuskan bahwa sumbangan yang tidak di-refund sebelum waktu yang ditentukan akan dialihkan ke yayasan GoFundMe. Pernyataan ini diprotes banyak tokoh dunia dan dianggap sebagai sebuah upaya penipuan. Elon Musk termasuk yang mengungkapkan kekesalannya dengan memposting meme logo gofundme dengan tulisan “professional thieves”.

Namun pendukung protes memiliki jalan keluarnya sendiri, dengan membuka pengumpulan dana melalui jaringan cryptocurrency. Dengan desentralisasi, maka pemerintah tidak bisa ikut campur dan menghalangi pengumpulan dana yang sebenarnya ditujukan untuk sebuah protes damai. 

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN