Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat menyampaikan sambutan dalam acara Y20 Indonesia Pre-Summit II secara daring Sabtu, 23 April 2022. Pertemuan tersebut digelar di Lombok, NTB. (Foto: Beritasatu/M Awaludin)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat menyampaikan sambutan dalam acara Y20 Indonesia Pre-Summit II secara daring Sabtu, 23 April 2022. Pertemuan tersebut digelar di Lombok, NTB. (Foto: Beritasatu/M Awaludin)

Pra-KTT Y20: Erick Thohir Ajak Anak Muda Jadi Agent of Change di Era Digital

Minggu, 24 April 2022 | 12:57 WIB
Muhammad Awaludin (redaksi@investor.id)

LOMBOK BARAT, investor.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak anak muda berperan aktif menjadi agen perubahan (agent of change) di tengah disrupsi digital saat ini. Sejalan dengan itu, pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk mendorong transformasi digital.

“Partisipasi pemuda dalam pembangunan bangsa sangat penting. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi forum Y20 Indonesia 2022 ini untuk merumuskan ide terbaik bagi pembangunan Indonesia dan dunia, khususnya pada empat topik utama antara lain ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi,” kata Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 yang mengambil tema Transformasi Digital, di Lombok Barat, NTB, Sabtu malam (23/4/2022).

Advertisement

Baca juga: Buka Pra-KTT Y20, Gubernur NTB Dorong Peran Pemuda Bangun Industri Digital

Lebih lanjut Erick Thohir menjelaskan bahwa tahun 2030 Indonesia akan membutuhkan 17 juta tenaga kerja untuk ekonomi digital. Untuk itu generasi muda didorong untuk mempersiapkan diri agar memiliki tingkat literasi digital yang tinggi.

“Pemuda harus mampu menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan menyelesaikan masalah sosial dengan sistem dunia nyata dan dunia online yang terintegrasi. Untuk itulah kita harus menciptakan generasi muda yang melek digital serta mampu berinovasi,” kata Erick.

Dia menambahkan, setiap perkembangan zaman ditandai kemajuan teknologi. “Kalau dulu dikenal dengan program listrik masuk desa, sekarang masuk babak baru dengan WiFi masuk desa. Kita bangun konektivitas WiFi menggunakan akses satelit broadband yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, agar memberikan akses informasi yang inklusif bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Erick.

Baca juga: Di Forum Y20, Menpora: Generasi Muda Mesti Melek Digital

Terkait tema planet berkelanjutan dan layak huni yang nanti juga dibahas dalam forum Y20, Erick menekankan, perlunya didorong melalui transisi energi mulai dari hal yang terkecil pada tingkat rumah tangga. Ekosistem energi terbarukan juga sudah mulai dibangun seperti ekosistem kendaraan listrik yang bisa kita temukan di berbagai wilayah Indonesia. Transformasi menuju net zero emission pada 2060 juga menjadi komitmen bersama.

“Pada tahun 2023, saya ingin 10% direksi BUMN diisi oleh anak-anak muda. Perempuan juga harus ambil bagian dalam hal ini di mana minimal 25 persen direksi BUMN adalah perempuan. Selain itu talenta-talenta BUMN akan didorong untuk digital ready," ujarnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN