Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi penggunaan aplikasi Tokopedia di ponsel. (IST)

Ilustrasi penggunaan aplikasi Tokopedia di ponsel. (IST)

Masker Kesehatan Masih Diburu dan Laris di Tokopedia

Rabu, 18 Mei 2022 | 21:01 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, mencatat, produk rumah tangga, kesehatan, makanan dan minuman, elektronik, serta fesyen menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal I-2022. Dalam kategori kesehatan, masker kesehatan paling diburu dan paling laris.

“Jadi, Tokopedia mencatat, produk rumah tangga, kesehatan, makanan dan minuman, elektronik, serta fesyen menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal I-2022,” ungkap Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Pada kategori rumah tangga, lanjut dia, produk yang paling laris antara lain bantal kepala, stop kontak, dan benih/bibit tanaman. Sedangkan pada kategori kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai, serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari.

Baca juga: Layanan Fulfillment Dilayani Tokopedia Diluncurkan

Pada kategori makanan dan minuman, minyak goreng, mie instan, serta buah-buahan adalah beberapa produk paling laku. Pada kategori elektronik, earphone, bohlam lampu, serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli.

Di sisi lain, produk kaos, sandal, serta sneakers menjadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori fesyen pria. Untuk kategori fesyen wanita, sandal, tas selempang, dan daster menjadi produk yang paling laris.

Tokopedia juga melihat adanya temuan menarik lain terkait perilaku belanja masyarakat. Tercatat, pengiriman barang terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura.

“Pengiriman antarpulau pun semakin meningkat di kuartal I-2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” jelas Ekhel.

Tren belanja di Tokopedia tersebut turut didorong oleh deretan inisiatif. Beberapa  di antaranya Home Living SALEBrations yang merupakan kampanye terbesar pada kategori rumah rangga dan Tokpdedia Peduli Sehat yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.

Selain itu, ada Tokopedia NOW!  yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Ada juga Tokopedia Nyam!, di mana masyarakat bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman, dan efisien.

Berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah juga dihadirkan melalui Tokopedia Tekno serta tak ketinggalan juga berbagai produk fesyen pria dan wanita terbaru dihadirkan melalui Zona Ganteng, Women in Style, dan Cantik Fest.

Dukung UMKM

Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Baca juga: Hyperlocal Tokopedia Dongkrak Transaksi UMKM 2 Kali Lipat

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal I-2022 dibandingkan periode yang sama di 2020. Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi, yakni  Tanjung Pinang, Pekalongan, Gowa, Gianyar, dan Lampung Selatan.

Selanjutnya, wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi, yaitu Asmat, Halmahera Utara, Probolinggo, Jepara, dan Kepulauan Selayar. Terakhir, wilayah dengan kenaikan transaksi paling tinggi, yakni Tanjung Balai, Serang, Banyuasin, Karangasem, dan Gorontalo.

“Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar bisa bangkit bersama dan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com