Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate (tengah) didampingi Sekjen Kemenkominfo-Chair DEWG Mira Tayyiba (kiri) dan Juru Bicara Kemenkominfo-Alternate Chair DEWG Dedy Permadi (kanan). (IST)

Menkominfo Johnny G Plate (tengah) didampingi Sekjen Kemenkominfo-Chair DEWG Mira Tayyiba (kiri) dan Juru Bicara Kemenkominfo-Alternate Chair DEWG Dedy Permadi (kanan). (IST)

Pertemuan DEWG Ke-2 di Yogyakarta

Menkominfo: Delegasi G20 Sepakati Lima Isu Digital untuk Deklarasi Bali Package

Rabu, 18 Mei 2022 | 21:58 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

YOGYAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan, pada pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) 2022 kedua yang berlangsung di Yogyakarta, para delegasi dari berbagai negara G20 menyepakati lima sub topik digital yang akan menjadi bahan deklarasi Bali Package.

Lima sub topik terdiri atas people center digital connectivity, digital security as a key enabler to support business community, G20 digital innovation network, digital transformation expo, serta ITU smart village and smart island inisiative.

Advertisement

Kelima sub topik tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan DEWG pertama di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan kedua di Yogyakarta, yang kemudian telah dicatat, dirangkum, dan diolah menjadi rancangan deklarasi yang akan disebut Bali Package.

“Oleh karena itu, untuk memulai penyusunan dokumen Bali Package, pembahasan DEWG kedua ini difokuskan pada isu prioritas pertama, yakni konektivitas dan pemulihan pasca-Covid-19,” kata Johnny, dalam konferensi pers di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Baca juga: Delegasi DEWG G20 Dukung Isu Konektivitas Pascapandemi

Menkominfo menjelaskan, dalam pertemuan kali ini, delegasi negar-negara G20 membahas lima sub topik itu. Pertama, people center digital connectivity. Intinya, pemulihan ekonomi pasca-Covid-19 sangat diperlukan pemanfaatan konektivitas digital dalam memecahkan berbagai persoalan serta memberdayakan masyarakat.

Pandemi Covis-19 disebutnya telah menunjukkan semakin bergantungnya manusia terhadap ekosistem digital di berbagai sektor publik, seperti pendidikan, kesehatan, dan pembangunan ekonomi.

“Berangkat dari kebutuhan tersebut, DEWG kedua ini membahas pemahaman bersama akan konektivitas digital dengan menempatkan masyarakat sebagai fokus utama pengembangan konektivitas digital,” ujarnya.

Kedua, digital security as a key enabler to support business community. Menurut Johnny, intensifikasi konektivitas digital secara tidak langsung telah memunculkan tantangan lain, yakni risiko keamanan digital yang mengancam keselamatan daring para user internet, khususnya para pelaku ekonomi yang semakin terdigitalisasi.

“Menyadari pentingnya keamanan digital dalam menyokong keberlangsungan bisnis digital di masa depan, DEWG kali ini juga memfasilitasi pengumpulan praktik-praktik keamanan dan keselamatan digital,” ungkap dia.

Ketiga, G20 digital innovation network. Hal ini sebagai kelanjutan dari G20 digital innovation meet Presidensi G20 tahun lalu yang mewadahi dan mendukung kerja sama dari para pelaku inovasi digital di seluruh dunia.

“Hal ini berlaku bagi start-up, venture capital, korporasi, dan pemerintah. Kami berharap, perhelatan ini akan tetap berlanjut di Presidnesi G20 berikutnya,” jelas Johnny.

Keempat, digital transformation expo. Delegasi negara G20 yang terlibat pada kegiatan DEWG menyambut perhelatan digital transformation expo yang akan menampilkan pencapaian-pencapaiannya, perihal kebijakan, strategi, dan inovasi transformasi digital.

Kelima, International Telecommunication Union (ITU) smart village and smart island inisiativ. Menurut Johnny, tidak kalah penting, gelaran DEWG kedua di Yogyakarta kali ini mendukung gagasan dari ITU perihal desa pintar (smart village) dan pulau pintar (smart island).

Baca juga: Delegasi DEWG G20 Sepakati Tata Kelola Data Global

Berjalan Lancar

Menkominfo juga mengungkapkan, pertemuan DEWG kedua di Yogkarta yang berlangsung dua hari (Selasa-Rabu, 17-18/5/2022) telah berjalan lancar, baik, dan fokus. Menurut dia, terdapat pemahaman yang saling melengkapi dari seluruh delegasi anggota G20 beserta para knowledge partner

“Itu terutama dalam menyepakati lima sub topik tersebut, meski ada sejumlah intervensi perihal krisis geopolitik pada pertemuan ini. Hal tersebut sudah kami perkirakan, sehingga pertemuan DEWG tetap berjalan lancar. Substansi diskusi pada pertemuan kali ini akan mendasari agenda pembahasan pada pertemuan selanjutnya,” tegas dia.

Seluruh pemangku kepentingan pun diajaknya untuk mendukung pelaksanaan rangkaian acara DEWG dalam Presidensi G20 Indonesia guna menghasilkan deliverable yang konkrit dan bermakna bagi ekonomi digital global.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN