Menu
Sign in
@ Contact
Search
Inovasi Teknologi oleh WIR Group. (IST)

Inovasi Teknologi oleh WIR Group. (IST)

WIR Group Punya 5 Paten Global Berbasis Augmented Reality

Minggu, 5 Juni 2022 | 22:08 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - WIR Group, perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI) terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara, sejak tahun 2015 sampai saat ini, telah mendapatkan lima paten global untuk AR yang teregistrasi pada Patent Cooperation Treaty (PCT).

Lima paten terdiri atas Application device on mirror – like/ reflective surfaces with Augmented Reality, Device for applying digital payment on an Augmented Reality basis through mobile devices, Network integrated interactive display system with Augmented Reality, Method and device for 4 dimensional Augmented Reality applications, dan Method and device for providing karaoke application with Augmented Reality.

Tujuan dari pendaftaran melalui skema PCT tersebut adalah untuk memberikan perlindungan kekayaan intelektual di skala internasional atas invensi dan inovasi yang dilakukan oleh perseroan. Selain itu, pendaftaran paten akan memberikan kenyamanan bagi publik pengguna teknologi yang dikembangkan oleh WIR Group.

Baca juga: Jajaki Kolaborasi dengan NET, WIR Group Kembangkan Tayangan Berbasis AR dan VR

Pendaftaran melalui sistem PCT tersebut juga diharapkan dapat menunjukkan kepada dunia mengenai kemajuan pengembangan teknologi, khususnya teknologi digital di Indonesia.

Chief Innovation Officer WIR Group Jeffrey Budiman mengatakan, perkembangan teknologi digital global sudah sedemikian maju. Duplikasi terhadap invensi dalam teknologi pun sangat mungkin terjadi, sehingga dengan diperolehnya paten yang teregistrasi pada sistem PCT tersebut sangat penting bagi WIR Group.

“Karena, ini dapat memberikan pengakuan dan perlindungan terhadap hasil inovasi melalui riset dan pengembangan teknologi yang kami lakukan,” ujar Jeffrey, dalam pernyataannya, dikutip Minggu (5/6/2022).

Chief Technology Officer WIR Group Senja Lazuardy menjelaskan bahwa dengan didaftarkannya paten melalui sistem PCT itu, pengguna teknologi WIR Group akan merasa nyaman dalam memanfaatkan inovasi yang akan terus dikembangkan ke depan.

“Dengan adanya paten yang terdaftar secara global melalui sistem PCT tersebut, maka akan meningkatkan kredibilitas kami sebagai pengembang teknologi dan pihak lain tidak akan bisa menggunakan teknologi yang sama untuk masuk ranah komersial di negara-negara tempat paten teknologi tersebut terdaftar,” tutur Jeffrey.

5 Paten

Sementara itu, penjelasan lima paten yang terdaftar secara global melalui sistem PCT yang berhasil diraih oleh WIR Group sebagai berikut. Pertama, Application device on mirror – like/ reflective surfaces with Augmented Reality, sistem yang digunakan untuk menerapkan suatu realitas tertambah (AR) pada permukaan reflektif, atau seperti cermin.

Objek pengguna yang hadir akan terdeteksi oleh kamera dan dikenali melalui perangkat lunak berbasis Realitas Tertambah.

Kedua, Device for applying digital payment on an Augmented Reality basis through mobile devices merupakan suatu metode dan proses penerapan kupon digital dengan menggunakan AR yang dapat digunakan sebagai transaksi.

Ketiga, Network integrated interactive display system with Augmented Reality, sistem tampilan interaktif yang sudah terintregasi jaringan dengan AR yang digunakan oleh pengguna untuk mengenali suatu produk di dalam satu area/lokasi.

Baca juga: WIR Asia (WIRG) Beraksi di World Economic Forum, Ternyata Ini sudah Ketiga Kalinya

Keempat,  Method and device for 4 dimensional Augmented Reality applications, metode dan pengembangan peralatan AR empat dimensi yang menggabungkan gambar bergerak obyek pengguna dari kamera dengan obyek maya untuk ditampilkan bersama secara langsung.

Cara kerja paten tersebut, modul pengatur efek empat dimensi akan menerima sinyal masukan dari sensor dan mengatur waktu kapan mulai menghasilkan efek empat dimensi.

Kelima, Method and device for providing karaoke application with Augmented Reality, metode dan pengembangan peralatan karaoke dengan AR, sehingga pengguna merasakan dirinya seakan-akan sedang bernyanyi duet, atau group dengan artis penyanyi asli.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com