Menu
Sign in
@ Contact
Search
Special Dialogue,

Special Dialogue, "Tantangan Transformasi Digital Bank" di BeritaSatu TV

Pimpinan Bank Jadi Kunci Sukses Transformasi Digital

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:35 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pengamat perbankan Rico Usthavia Frans mengatakan,  seorang pemimpin harus mengubah paradigma berpikir karyawannya. Menurut dia, akan percuma jika karyawan sudah melakukan proses kerja secara digital namun pemimpinnya tidak memiliki visi untuk transformasi digital, maka tidak akan berhasil.

“Dari leadership benar-benar berpikir digital, secara native, dengan adanya push dari atas akan lebih mudah organisasi jadi digital. Termasuk nanti untuk investasi-investasi yang dilakukan, rencana human resources juga, dan ada pelatihan karyawan,” jelas Rico dalam Special Dialogue: Tantangan Transformasi Digital Bank di BeritaSatu TV, yang dipandu Direktur Pemberitaan Beritasatu Media Holdings Primus Dorimulu, Kamis (9/6).

Rico menilai bahwa secara umum korporasi besar akan lebih sulit melakukan transformasi. Oleh karena itu, digital leadership dan digital culture perlu didorong. Dia memaparkan tiga level transformasi yang terjadi saat ini.

Bank Mana yang Layak Jadi Pemenang Digital Banking Awards 2022?

Pertama, digitation yaitu perubahan format analog ke digital, seperti yang sebelumnya masih menggunakan kertas sekarang sudah paperless. Kedua, digitalisation yakni dari layanan konvensional tatap muka menjadi channel elektronik dan digital.

Ketiga, digital transformation. “Perbankan sekarang itu masih ada di level kedua, ketika punya mobile banking, banyak bank berhenti di sini. Seharusnya naik level lagi bisnis prosesnya diubah. Bagaimana berpikir dari sisi customer revenue model, cost digital,” imbuh Rico.

Digital Transformation Expert, Bayu Prawira Hie juga mengungkapkan tantangan paling utama transformasi digital adalah mindset. Bagi bank konvensional, terlebih bank besar memiliki legacy yang berbeda dari bank kecil. Untuk mengubah bisnis model menjadi bank yang fully digital tidak mudah, karena memiliki jumlah nasabah yang besar dengan segmentasi berbeda-beda.

“Bank itu transformasi oke diperlukan, yang beda seberapa intensitas, komitmen, dan kecepatannya. Ada yang masih pelan-pelan terutama dari wholesale banking lebih lambat berubah, karena revolusi besar-besaran itu di segmen ritel,” papar Bayu.

Bank Mandiri Menuju Beyond Digital Banking

Menurut Bayu, terdapat tiga pilar yang perlu diperhatikan perusahaan yang hendak transformasi. Pertama, customer experience, di mana dari konvensional berubah menjadi digital. Sehingga secara end to end customer merasakan layanan digital. Kedua, operational excellent dari sisi internal perusahaan seperti back office semuanya harus melakukan proses secara digital. Ketiga, new business model, dengan adanya transformasi digital, maka terbuka kesempatan kerja sama dengan berbagai pihak seperti ekosistem yang membentuk satu tujuan.

Adapun, Rico menyebut hampir semua bank di Indonesia masih dalam proses transformasi digital, bahkan bank yang mengaku sebagai bank digital pun menurut Rico belum sepenuhnya digital.

“Kalau mau jujur, sebenarnya hampir semua bank itu masih dalam proses termasuk bank-bank besar. Pilar ketiga, ekosistem mereka sedang menuju ekosistem dalam tiga tahun terakhir ini, seperti dengan fintech, bagaimana mereka mengubah yang mobile banking hanya services bisa jadi digital life services. Beli tiket bisa langsung di channel bank, bayar e-commerce juga bagaimana terhubung ke akun bank dengan API,” papar dia.

Hal tersebut disebut masih dalam proses, yang paling penting bisnis modelnya sudah transformasi ke digital. Bank-bank kecil yang transformasi menjadi bank digital juga masih dalam proses karena tantangannya juga hampir sama dengan bank besar, meski dari legacy tidak seketat bank besar.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com