Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate di pertemuan perdana DEWG G20, Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Selasa, 29 Maret 2022. (Foto: IST)

Menkominfo Johnny G Plate di pertemuan perdana DEWG G20, Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Selasa, 29 Maret 2022. (Foto: IST)

RI - Bulgaria Perkuat Kerja Sama Siber dan Ekonomi Digital

Senin, 27 Juni 2022 | 17:08 WIB

JAKARTA,investor.id-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia membahas pengembangan kerja sama yang berkaitan dengan riset siber dan pengembangan sektor digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatkan, langkah tersebut bertujuan untuk memperkuat keamanan informasi dalam mencegah serangan siber serta mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Advertisement

“Pagi ini saya dikunjungi Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia H.E. Petar Andonov untuk mendiskusikan potensi kerja sama kedua negara di sektor digital. Termasuk secara khusus membahas soal penanganan di bidang keamanan informasi untuk mencegah serangan siber agar penegak hukum di Indonesia dan Bulgaria bisa menanganinya secara serius,” kata Johnny, usai Pertemuan dengan Duta Besar Bulgaria untuk Republik Indonesia di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (27/06/2022).

Baca juga: Menkominfo Ajak Semua Pihak Jaga Ruang Digital Menkominfo Ajak Semua Pihak Jaga Ruang Digital 

Menurut Johnny, Indonesia dan Bulgaria bersama-sama mengharapkan ruang digital yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Oleh karena itu, Pemerintah kedua negara sepakat untuk tidak memberikan ruang bagi serangan siber. Apakah itu malware, phising, atau semua jenis serangan siber termasuk didalamnya unethical hackers,” ujar Johnny.

Sebagai bagian dari Uni Eropa, Bulgaria juga membuka ruang kerja sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui pengembangan startup digital di masing-masing negara.

“Kita menyambut baik semua kerja sama baik bilateral maupun dengan Bulgaria sebagai pintu atau gerbang untuk Uni Eropa. Indonesia sendiri memiliki pertumbuhan ekonomi digital sangat tinggi, dan tentu ini menarik minat dunia usaha dan sektor digital dari Bulgaria,” tambah Johnny.

Bahkan, Indonesia juga membuka ruang kerja sama yang luas dengan tetap mengedepankan tata kelola data ruang digital dapat berlangsung dengan baik. Isu tersebut, menurut Johnny menjadi salah satu agenda Presidensi G20 Indonesia.

Implementasi Data Driven Policy, Menkominfo: Pemerintah Bangun 4 PDN 

“Tadi kami juga saling bertukar informasi tentang agenda-agenda prioritas yang berkaitan dengan Keketuaan Indonesia dalam G20 tahun ini, secara khusus di forum Digital Economy Working Group (DEWG),” imbuh Johnny.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN