Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tokopedia

Tokopedia

3 Produk di Tokopedia Paling Banyak Diburu Saat Ramadan

Kamis, 20 Mei 2021 | 18:54 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Antusiasme masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, berbagi, dan beribadah dari rumah selama Ramadan 2021 meningkat signifikan. Tiga produk, yakni fesyen, perabotan dan perlengkapan rumah tangga, serta kesehatan dan perawatan tubuh, pun paling populer di platform Tokopedia selama Ramadan lalu.

“Khusus untuk kategori fesyen muslim, transaksinya meningkat hampir empat lipat dibandingkan rata-rata bulanan tahun 2021,” terang External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangannya, Kamis (20/5)..

Di sisi lain, transaksi parsel melonjak lebih dari tiga lipat selama kampanye ‘Parsel Ramadan’ Tokopedia berlangsung dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Setidaknya dibutuhkan lebih dari dua tahun untuk seorang kasir menyelesaikan seluruh pesanan parsel yang dijual lewat Tokopedia.

“Secara umum, lebih dari 100.000 produk berbeda terjual dalam satu jam lewat Tokopedia selama Ramadan 2021,” imbuhnya.

Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui ekosistem Tokopedia Salam.Rendang Den Lapeh, salah satu pegiat usaha makanan halal, mencatat peningkatan transaksi hampir enam kali lipat selama Ramadan 2021 jika dibandingkan Ramadan 2020.

Kemudahan transaksi tersebut merupakan hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Ekhel melanjutkan, data internal Tokopedia juga menyebutkan bahwa pengiriman dalam satu hari yang sama dengan waktu transaksinya (same-day/instant) menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan.

“Jika diakumulasi, bahkan, pengguna dapat menghemat waktu pengiriman hingga 24.000 tahun berkat layanan ini,” ujarnya.

Zakat dan Berbagi

Selama Ramadan 2021, semangat masyarakat dalam berbagi dari rumah juga terus meningkat. Hal ini terlihat dari jumlah pengumpulan dana zakat, donasi, dan wakaf di platform Tokopedia yang mencapai Rp 13 miliar.

Masyarakat pun bisa beribadah lewat fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat di Tokopedia Salam. “Sejak pertama diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat meningkat hampir 12 kali lipat. Sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35 kali lipat,” jelas Ekhel.

Sementara itu, acara ‘Tokopedia WIB TV Show Spesial Ramadan Extra’ yang diselenggarakan pada 23 April 2021 dan diisi oleh penampilan artis nasional, antara lain Iwan Fals, NOAH, Afgan, serta artis internasional The Boyz dan brand ambassador Tokopedia, BTS, disaksikan oleh setengah dari penonton TV di seluruh Indonesia.

“Data internal kami juga menunjukan bahwa dibutuhkan lebih dari 600.000 pesawat untuk mengangkut jumlah pengunjung Tokopedia di bulan Ramadan 2021,” tutup Ekhel.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN