Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kemenkominfo bersama Diskominfo Provinsi Jawa Timur, dan Mafindo menyelenggarakan Pekan Literasi Digital di Kota Batu.
Sumber: Istimewa

Kemenkominfo bersama Diskominfo Provinsi Jawa Timur, dan Mafindo menyelenggarakan Pekan Literasi Digital di Kota Batu. Sumber: Istimewa

Kemenkominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Kota Batu

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 05:03 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

BATU, investor.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menyelenggarakan Pekan Literasi Digital di Kota Batu. Kegiatan ini dihadiri oleh 350 peserta yang terbagi menjadi Kelompok Masyarakat Millenial dan Komunitas pada 26 Juli 2022 di Kota Batu, Jawa Timur.

Pekan Literasi Digital diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kapasitas literasi digital masyarakat dan komunitas setempat agar dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna dan bertanggung jawab.

Advertisement

Baca juga: Kemenkominfo Buka Akses Blokir Origin

Milenial atau generasi muda dirujuk sebagai salah satu generasi yang potensial di era disrupsi teknologi saat ini. Dalam laporan yang dirilis oleh APJII bulan Juni 2022 lalu, ditemukan bahwa kelompok umur 13-18 tahun memiliki tingkat penetrasi internet tertinggi dengan persentase 99,16%, yang selanjutnya diikuti oleh kelompok usia 19-34 tahun yang memiliki penetrasi internet sebesar 98,64%.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Dr hudiyono menuturkan, teknologi informasi berkembang sangat cepat namun belum bisa diimbangi oleh perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh sebab itu Literasi Digital hadir untuk mengatasi hal ini.

“Memang saat ini sedang dibutuhkan literasi digital, kecepatan teknologi informasi masih belum balance dengan kemampuan SDM-nya, membangun teknologi merupakan hal yang lebih mudah dari membangun manusianya. Harus ada percepatan pembangunan SDM untuk mengimbangi perkembangan teknologinya,” ungkap Dr Hudiyono dalam keterangan pers, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Kemenkominfo Blokir 15 PSE Game Online yang Punya Unsur Perjudian  

Ketua Tim Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat Kemenkominfo Rizki Ameliah mengatakan, berbicara soal program literasi digital, literasi digital itu sudah digaungkan sejak 2017 oleh Kementerian Kominfo bersama dengan GNLD Siberkreasi. “Tetapi karena ada pandemi ini, program literasi digital masuk sebagai dari bagian upaya visi misi presiden Jokowi terkait perkembangan SDM digital,” ujarnya.

Pekan Literasi Digital merupakan salah satu bagian dari Program Literasi Digital Nasional bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital yang mengangkat empat pilar literasi digital, yaitu Etika Digital, Kemampuan Digital, Keamanan Digital, serta Budaya Digital. Kegiatan ini bertujuan untuk menjangkau 50 juta orang hingga tahun 2024 mendatang.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN