Menu
Sign in
@ Contact
Search
Chief Strategy & Technology Holding Kalla Group Achmad Sugiarto

Chief Strategy & Technology Holding Kalla Group Achmad Sugiarto

Hakteknas, Smart Technology Jadi Kunci Pertumbuhan Bisnis

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:22 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Pemanfaatan teknologi secara optimal menjadi kunci utama pertumbuhan bisnis di tengah peningkatan persaingan dan perubahan perilaku konsumen. Teknologi dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi bagi perseroan.

Demikian kesimpulan seminar dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang jatuh pada 10 Agustus 2022 yang bertemakan “Role of ERP Technology for Future Business Growth”. Acara yang digelar pada 9 Agustus 2022 malam yang diikuti lebih dari 250 peserta. Seminar ini dipandu host Zahir International yang diikuti Kalla Group dan DOT Indonesia.

Baca juga: Momen Hakteknas, BRIN Kenalkan 4 Kawasan Sains dan Teknologi

“Covid-19 memberi pelajaran penting dalam pengelolaan perusahaan, bagaimana melanjutkan growth story dengan teknologi yang berperan sebagai enabler, memastikan prioritas kapabilitas mendorong profitabilitas, inovasi movement apa yang wajib dilakukan. Semuanya bisa dilakukan dengan mengimplementasikan ERP dengan disiplin,” terang Chief Strategy & Technology Holding Kalla Group Achmad Sugiarto di Jakarta, kemarin

Dalam memperkaya ERP tersebut, dia menambahkan, banyak hal bisa dilakukan, seperti integrasi value chain ekosistem dengan memaksimalkan automation, pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence), IoT hingga smart technologies. ”Siapkah kita menghadapi Climate Change?” terang Achmad Sugiarto.

Menjadi Momentum
Dia mengatakan, hari kebangkitan teknologi nasional ini bisa menjadi momentum penting bagi pemain nasional untuk menciptakan pertumbuhan bisnis ke depan. Pertama, hari kebangkitan nasional harus menjadi ajang pemain nasional meningkatkan kapabilitas agar memiliki keunggulan daya saing di saat persaingan kian mengglobal.

Baca juga: Hakteknas, Nadiem Apresiasi Pengguna Platform Teknologi Kemendikbudristek

Kedua, ungkap dia, di tengah pergeseran perilaku konsumen yang menuntut value lebih baik, model bisnis pemain teknologi lokal harus mulai berpikir secara ekosistem. Dengan berpikir secara ekosistem yang memungkinkan untuk berkolaborasi, penyedia layanan pun dapat berfokus pada peningkatan layanan yang dibutuhkan konsumen. Dengan adanya peningkatan customer experience melalui ekosistem, ini diharapkan kinerja bisnis pun meningkat.

Waktu bergerak secara cepat, semua perusahaan tidak bisa menunda dan harus memutuskan. Waktu yang akan membuktikan bahwa kecepatan menjadi sangat penting.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com