Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Anang Achmad Latif. (Foto: Primus Dorimulu)

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Anang Achmad Latif. (Foto: Primus Dorimulu)

Percepat Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi, Kemenkominfo Libatkan Dana Swasta

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:48 WIB
Primus Dorimulu (primus@investor.co.id)

LABUAN BAJO, investor.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi, dalam hal ini menara Base Transceiver Station (BTS) 4G, dengan menggunakan blended finance.

Blended finance adalah struktur transaksi yang berupaya mengoptimalkan pemanfaatan instrumen pembiayaan pembangunan untuk memobilisasi pembiayaan komersial.

Baca juga: BAKTI Kominfo Akan Bangun 1.974 Tower, Nilai Investasi Sekitar Rp 15 Triliun

“Semua financing diterapkan, financing yang ada di pemerintah diterapkan, uang APBN diterapkan, jenis-jenis KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) sudah saya jelaskan, uang swasta dihadirkan, pinjaman kalaupun dihadirkan, semua di-blended bagaimana bisa meningkatkan kinerja infrastruktur,” kata Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Achmad Latif dalam sambutannya pada acara Focus Group Discussion (FGD) ‘Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Digital’ bersama pemimpin redaksi 18 media massa di Hotel Ayana, Labuan Bajo, NTT, Minggu (14/8/2022).

Baca juga: Akhir 2022, BAKTI Optimistis Bangun BTS 4G di 7.482 Lokasi

Anang menegaskan, infrastruktur ini bertujuan turut mengantarkan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar kelima pada 2045, setelah 100 tahun merdeka. Menurut dia, ini bukanlah pekerjaan yang dapat selesai dalam satu malam atau satu pekan, tapi harus disiapkan dalam jangka panjang.

“Ini kesempatan yang bisa dipandang emas buat BAKTI Kominfo. Jadi, Kemenkominfo ini agendanya banyak, salah satu agenda utama tema hari ini yaitu menjelaskan infrastruktur yang diberikan mandat oleh Pak Menteri Kominfo untuk menyelesaikan ‘game-game’ yang tidak disentuh operator seluler secara komersial,” ujar Anang. (C02)

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com