Menu
Sign in
@ Contact
Search
Logo YouTube. (IST)

Logo YouTube. (IST)

YouTube Hadirkan Fitur Super Chat dan Super Stickers di Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2022 | 23:14 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - YouTube, platform vidoe global, resmi merilis fitur monetisasi Super Chat dan Super Stickers untuk pasar Indonesia. Kedua fitur tersebut diharapkan mampu membantu untuk memperkuat hubungan kreator dengan para penontonnya.

Product Manager Paid Digital Goods YouTube Barbara Macdonald mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus membantu para kreator konten membangun hubungan yang baik dengan para penggemarnya. Karena itu, Youtube juga membangun lebih banyak cara untuk membantu mereka berkembang lebih jauh.

“Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan Super Chat dan Super Stickers," ungkap Barbara Macdonald, dikutip Rabu (17/8/2022).

Dia menjelaskan, di Indonesia banyak kreator konten berkiparh di Youtube yang sudah memanfaatkan langganan kanal (channel) untuk memperkuat hubungan dengan para penontonnya.

Hingga Juni 2021 saja, ada lebih dari 50 ribu penonton di Tanah Air yang telah membeli langganan kanal di YouTube. Jumlah ini naik lebih dari 500% dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Lebih dari 100 Juta Orang RI Tonton YouTube Setiap Bulan

Selain itu, pada bulan dan tahun yang sama, ada lebih dari 1.500 kanal di Indonesia yang memperoleh penghasilan dari produk monetisasi alternatif di YouTube, seperti langganan kanal. Jumlahnya pun naik 2.400% dari tahun sebelumnya.

Dirancang untuk membantu penggemar dan kreator konten untuk terhubung satu sama lain, penonton juga dapat menggunakan Super Chat dan Super Stickers untuk mendukung kreator favoritnya. Tidak hanya untuk mengakses kreator saat live streaming dan premiere, tetapi juga beragam video.

Dengan fitur tersebut, kreator dapat mendiversifikasi sumber pendapatannya sembari memperkuat hubungannya dengan para penonton.

Super Chat merupakan pesan berwarna-warni yang disorot di chat pada saat streaming. Kehadirannya agar tampil beda dari pesan chat lainnya supaya makin menarik perhatian kreator favorit penonton.

Super Chat akan disematkan di chat bagian paling atas paling lama 5 jam, sehingga pesan akan dilihat oleh lebih banyak orang.

Sementara itu, Super Stickers adalah stiker yang dapat dibeli penonton untuk mendukung kreator favorit. Stiker tersedia dalam berbagai jenis dan bahasa serta dapat digunakan kreator untuk memperoleh penghasilan sambil membina hubungan dengan para penontonnya.

Bagi yang ingin memberikan dukungan kepada kreator favoritnya, penonton bisa membeli Super Chat dan Super Stickers, yang metode pembayarannya telah tersedia melalui beberapa layanan seperti QRIS, pulsa, hingga kartu kredit.

Baca juga: Menkominfo Sarankan Masyarakat Gunakan PSE yang Terdaftar

Super Thanks

Selain itu, Macdonald mengungkapkan bahwa akan ada satu fitur lagi, yaitu Super Thanks, yang segera dihadirkan di Indonesia beberapa bulan mendatang.

Fitur tersebut akan memungkinkan penonton menunjukkan rasa terima kasih lebih atas konten para kreator favoritnya. Penonton pun dapat membeli animasi di halaman video.

Namun, animasi satu kali hanya akan ditampilkan kepada pembeli over the top (OTT) dari video. Sebagai bonus tambahan, pembeli akan dapat mengunggah komentar yang berbeda secara visual, berwarna-warni, dan dapat disesuaikan di bagian komentar video.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com