Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tampilan Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID. (IST)

Tampilan Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID. (IST)

Grab dan OVO Luncurkan Solusi UMKM Terpadu

Minggu, 28 Aug 2022 | 19:30 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, dan OVO, tekfin unicorn Indonesia yang fokus pada platform pembayaran digital dan layanan finansial, memperkenalkan Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID sebagai portal informasi satu pintu untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Masih dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, solusi tersebut berfokus pada upaya tiga pilar utama, yaitu memberikan akses ke konsumen melalui digitalisasi, pusat informasi tentang izin dan sertifikasi, serta akses ke modal usaha.

Inisiatif Grab dan OVO itu diluncurkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong lahirnya pelaku UMKM baru dan mempercepat adopsi digital pelaku usaha.

Solusi UMKM Terpadu tersebut disosialisasikan pada acara Kopdar UMKM Nasional di Gedung SMESCO Indonesia, Jumat (26/8/2022), yang diikuti oleh sejumlah pemilik bisnis dan perwakilan komunitas UMKM, yakni Indonesia Creative Cities Network, UKM Indonesia, Tangan di Atas, dan Sahabat UMKM.

Advertisement

Pada kesempatan itu, hadir juga Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dan President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

Baca juga: Grab dan OVO Dukung Ajang 11th Asean Para Games 2022 di Solo

Teten Masduki pun mengapresiasi peran Grab dan OVO dalam menginisiasi solusi digital tersebut. Apalagi, pemerintah tengah mendorong UMKM untuk terhubung ke dalam ekosistem digital agar bisa memanfaatkan potensi ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai Rp 4.500 triliun pada 2030.

“Saya menyambut baik inovasi yang ditawarkan oleh Grab dan OVO dalam bentuk portal informasi yang dapat diakses di media sosial ini,” ujar Teten.

Dia pun mengaku senang atas semangat para komunitas UMKM dalam menyelenggarakan berbagai rangkaian aktivitas untuk memperingati Hari UMKM Nasional yang jatuh di bulan Agustus ini.

“Semoga, semakin banyak pihak seperti Grab dan OVO yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk mewujudkan transformasi digital bagi UMKM kita,” ucapnya.

Peran Grab-OVO

Neneng Goenadi menyampaikan, pihaknya percaya terhadap potensi UMKM Indonesia. Apalagi, sejak pandemi hingga Mei 2022, tercatat lebih dari 2 juta UMKM sudah didigitalisasi melalui ekosistem Grab dan OVO.

“Kami berharap, dengan adanya solusi UMKM terpadu di @GrabMerchantID ini, kami dapat membidani lahirnya jutaan pelaku-pelaku UMKM baru di Indonesia,” tutur Neneng.

Digitalisasi UMKM menjadi salah satu kunci pemulihan ekonomi nasional. Tercatat, pada 2020, jumlah UMKM yang memanfaatkan kanal digital baru 8 juta, dan dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, kini, jumlahnya meningkat pesat menjadi 19 juta.

Grab dan OVO pun telah menjadi mitra strategis pemerintah Indonesia dalam mendukung tercapainya 30 juta UMKM yang didigitalisasi pada 2024. Sejak pandemi hingga Mei 2022, tercatat lebih dari 2 juta UMKM sudah didigitalisasi melalui ekosistem Grab dan OVO.

Baca juga: Grab dan OVO Hadirkan Layanan Publik Drive-Thru Pertama di Kota Solo

Kendala UMKM

Sementara itu, selama ini, akses ke modal usaha, kejelasan mengenai izin dan regulasi, serta akses ke konsumen, masih menjadi tiga kendala utama dalam mendirikan usaha baru, atau bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Alanda Kariza, penulis, aktivis, dan pemilik usaha kuliner Bearrito, mengatakan, ketiga hal tersebut merupakan tantangan besar baginya ketika baru memulai usaha sendiri.

“Kemudahan mengakses informasi terkait modal, peraturan, dan bagaimana cara menggaet konsumen yang lebih luas sangatlah membantu bagi usaha kecil yang masih memiliki keterbatasan sumber daya,” jelas Alanda, di sela diskusi Kopdar UMKM Nasional.

Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Fiki Satari menuturkan, begitu banyak jejaring komunitas kreatif yang mengandalkan media sosial dalam kegiatan usahanya.

“Untuk itu, pusat informasi yang kredibel dan mudah dicerna di media sosial juga menjadi krusial agar para pelaku usaha, UMKM khususnya. Mereka bisa mengakses informasi/solusi/program yang tepat untuk mengembangkan usahanya,” ungkap Fiki.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com