Menu
Sign in
@ Contact
Search
Indonesia menyerahkan G20 DIN secara simbolis kepada India yang akan menjadi tuan rumah pertemuan G20 pada tahun 2023. (IST)

Indonesia menyerahkan G20 DIN secara simbolis kepada India yang akan menjadi tuan rumah pertemuan G20 pada tahun 2023. (IST)

Serahkan ke India, Indonesia Berharap G20 DIN Berlanjut 

Senin, 5 Sep 2022 | 22:11 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pemerintah Republik Indonesia menginisiasi G20 Digital Innovation Network (DIN) G20 dengan menyempurnakan dari G20 Innovation League dalam Presidensi G20 Italia tahun 2021.

Melalui G20 DIN, Presidensi Indonesia memfasilitasi pihak terkait (multistakeholder) untuk saling bertukar pengetahuan, pengalaman, dan ide berkaitan dengan digitalisasi. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel A Pangerapan mengatakan, Presidensi G20 Indonesia telah menyerahkan G20 DIN secara simbolis kepada India yang akan menjadi tuan rumah pertemuan G20 tahun 2023.

“Acara ini adalah kelanjutan dari Presidensi G20 Italia, yaitu Digital Innovation League. Kita mengubah atau meng-alternate yang membuat lebih baik dengan hanya pertandingan. Tetapi, bagaimana membangun jaringan (networking) dan berkolaborasi,” ujar Semmy, panggilan Semuel A Pangerapan, saat menyerahkan secara simbolis G20 Digital Innovation Network lewat Handsover Ceremony di The Westin Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, dikutip Senin (5/9/2022).

Advertisement

Baca juga: Resesi Global, Founder Start-up Perlu Lakukan Tiga Strategi Ini

Dia melanjutkan, harapan Presidensi G20 Indonesia untuk melanjutkan G20 DIN di India tahun depan.  Sementara itu, Pemerintah Indonesia masih merencanakan nama penyelenggaran Presidensi G20 berikutnya untuk dapat memperluas sektor perusahaan start-up yang berpartisipasi. 

“Harapannya, acara yang sama akan dilanjutkan oleh Presidensi G20 India. Semoga akan ada kelanjutan dari semua upaya kami selama penyelenggaraan acara yang telah berlangsung mulai 2 hingga 4 September, pada Presidensi mendatang,” ungkapnya 

Menurut Semmy, jika Presidensi G20 di India tidak melanjutkannya, Indonesia akan mengubah penamaan acara itu yang masih akan dimatangkan. Prinsipnya adalah mentransformasikan kegiatan bisnis ke era digital.

“Apabila India melanjutkan, kami akan mengubah nama. Di tahun depan, mungkin nama Digital Innovation Network akan berbeda karena itu sudah melekat pada penyelenggaran G20,” jelasnya.

Pada kesematan itu, Semmy juga menyatakan bahwa program untuk memfasilitasi start-up digital akan menjadi agenda tahunan Kemenkominfo. 

“Untuk membantu start-up di Indonesia dan negara-negara yang mendukungnya, sehingga kita bisa berkolaborasi untuk menciptakan solusi dan inovasi yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Baca juga: Menteri Ekonomi Digital G20 Sepakati Hasil DEWG 2022

Pujian India

Sementara itu, Wakil Sekretaris Kementerian Luar Negeri India Naman Upadhyaya memuji penyelenggaraan G20 DIN di Indonesia. Menurut dia, acara tersebut telah memberikan perspektif baru tentang ekosistem start-up global dan pengembangan inovasi digital di tengah transformasi digital global.

“Kehadiran begitu banyak start-up dan pemodal ventura dalam acara DIN ini menunjukkan keberhasilan organisasi jaringan inovasi digital, dan saya ingin berkomentar dan mengucapkan selamat kepada Indonesia yang berhasil menyelenggarakannya,” ungkap Upadhyaya.

Dia menyampaikan, Presidensi G20 India tahun depan juga akan mengangkat beberapa topik yang dibawa Indonesia ke Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, terutama mengenai transformasi digital. 

“Topik diskusi meliputi inovasi teknologi digital, keamanan siber dan digital, konektivitas digital, dan literasi digital,” ujarnya.

Melalu diskusi itu, Pemerintah India mengharapkan  akan lebih banyak ide dan solusi untuk menjawab tantangan global di era digitalisasi saat ini.

“Atas nama Pemerintah India dan masyarakat di India, saya ingin menyambut Anda semua ke India tahun depan, untuk datang dan berinovasi,” pungkas Upadhyaya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com