Menu
Sign in
@ Contact
Search
iPhone 14 Series. (IST)

iPhone 14 Series. (IST)

iPhone 14 Series Unggulkan Keamanan dan Petualangan

Sabtu, 10 September 2022 | 11:32 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Apple Inc, perusahaan produk teknologi global asal Amerika Serikat, baru saja meluncurkan empat ponsel pintar (smartphone) terbaru iPhone 14 Series sekaligus, yakni  iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max.

Selain tak menghadirkan versi mini seperti pendahulunya, kali ini, kehadiran iPhone 14 lebih menekankan pada peningkatan fitur keamanan dan petualangan bagi para penggunanya.

Manajemen Apple menegaskan, pihaknya lebih fokus pada peningkatan fitur keamanan pada empat produk terbaru iPhone tersebut daripada spesifikasi teknis baru yang mencolok pada acara yang dihelat Rabu (7/9) waktu setempat atau Kamis (8/9/2022) subuh waktu Indonesia.

Baca juga: OPPO Enco Buds2 Nyaman di Telinga

Perusahaan bersandar pada teknologi keselamatan, seperti kemampuan untuk mendeteksi kecelakaan mobil, hingga fitur memanggil penyelamat dari puncak gunung terpencil, atau panggilan ke nomor darurat insiden kecelakaan, untuk menambah daya pikat pada perangkatnya.

Melalui seri iPhone 14, Apple ingin memposisikan dirinya sebagai merek untuk memungkinkan pengguna mengejar kegembiraan dan petualangan. Fitur tak berwujud tersebut diklaimnya merupakan hal yang membuat seseorang tidak hanya menginginkan produk untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang yang dicintai.

“Pada akhirnya, peningkatan pada keselamatan menjadi layanan sangat menarik sebagai proposisi nilai," kata Kepala Teknologi Konsumen di Creative Strategies, Ben Bajarin.

Apple juga menghadirkan fitur SOS satelitnya yang akan bekerja pada iPhone 14. Dikatakan juga bahwa pengguna akan dapat menggunakan aplikasi FindMy untuk berbagi lokasi melalui satelit ketika tidak memiliki konektivitas lain. Layanan ini akan diberikan gratis selama dua tahun.

Chipset Berbeda

Apple nampaknya juga mulai memberikan perbedaan signifikan pada prosesor seri iPhone 14 Pro dan seri biasa. Hal tersebut terlihat dari pilihan Apple yang tidak menyematkan prosesor teranyarnya, yaitu chipset Bionic A16, ke iPhone 14 dan 14 Plus.

Kali ini, Apple justru mengumumkan iPhone 14 dan 14 Plus dilengkapi chipset Bionic A15. Chipset ini masih sama dengan yang digunakan pada iPhone 13 series dan telah dirilis pada 2021.

Walau begitu, Apple tetap sedikit memberikan keunggulan pada iPhone 14 untuk performa yang lebih baik dengan menambahkan GPU core dibandingkan dengan chipshet Bionic A15 yang telah tersematkan di iPhone 13 dan SE 2022.

Walau begitu, kinerja chipset Bionic A15 dinilai setara dengan banyak chipset besutan Qualcomm teranyar dan memiliki kinerja yang lumayan mumpuni untuk mengisi segmen pasar ponsel kelas atas.

Sementara itu, bagi pengguna yang menantikan prosesor teranyar Apple untuk ponselnya masih bisa memilih iPhone 14 seri Pro. Ponsel iPhone 14 Pro maupun 14 Pro Max sudah memiliki kecanggihan chipset Bionic A16. Chipset ini menjadikan kedua ponsel tersebut lebih hemat daya.

Baca juga: Kenali 5 Inovasi Samsung Foldable Smartphone, Galaxy Z Flip4 5G dan Z Fold4 5G

Harga

Langkah untuk tidak menaikkan kapasitas chipset nampaknya dilakukan Apple sebagai strategi untuk tidak menaikkan harga dua ponsel terbarunya, yakni iPhone 14 dan 14 Plus, agar sama dengan model iPhone 13, tahun lalu.

iPhone 14 pun mulai dibanderol dari US$ 799 (sekitar Rp 11,9 jutaan) dan iPhone 14 Plus pada harga US$ 899 (sekitar Rp 13,4 jutaan). Kedua ponsel  tersedia untuk prapemesanan mulai Jumat (9/9/2022).

Sementara itu, varian iPhone 14 Pro disediakan dengan harga jual mulai dari US$ 999 (sekitar Rp 14,8 jutaan) dan iPhone 14 Pro Max dibanderol US$ 1.099 (sekitar Rp 16,3 jutaan). Keduanya akan mulai tersedia pada 16 September 2022. Namun belum terkonfirmasi, apakah penjualan di Indonesia sama dengan di pasar global tersebut. 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com