Menu
Sign in
@ Contact
Search
Konferensi pers pembentukan Satgas Perlindungan Data, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022).  
Sumber: Istimewa

Konferensi pers pembentukan Satgas Perlindungan Data, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022). Sumber: Istimewa

PSE Lingkup Privat Jadi Incaran Serangan Siber, Menkominfo Ingatkan Jangan Lengah

Rabu, 14 Sep 2022 | 12:49 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan para penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat untuk tidak lengah dan tetap berhati-hati terhadap serangan siber. Pasalnya serangan siber saat ini tidak hanya menyerang sistem pemerintah, tetapi juga PSE lingkup private yang banyak mengelola data-data pribadi masyarakat.

Baca juga:  Kemenkominfo Telusuri Dugaan Kebocoran 1,3 Miliar Data Kartu SIM Telepon Indonesia

“Saat ini serangan-serangan siber juga dilakukan terhadap sistem elektronik privat. Karenanya, kepada penyelenggara sistem elektronik lingkup privat diminta agar betul-betul memastikan keamanan data di sistemnya masing-masing,” kata Johnny G. Plate dalam konferensi pers usai pembentukan Satgas Perlindungan Data, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Menkominfo Johnny G Plate Buka Sidang Pertemuan Menteri Ekonomi Digital G20

Advertisement

Johnny menyampaikan, memastikan keamanan data adalah kewajiban penyelenggara sistem elektronik. Karenanya, seluruh PSE lingkup privat harus memastikan teknologi yang digunakannya terus di-update atau ditingkatkan.

“(PSE lingkup privat harus) Memastikan tata kelola dan sistem manajemennya terus diperbaiki dengan melibatkan tenaga-tenaga yang ahli, serta memastikan SDM teknologi digital dan enkripsi betul-betul kuat dan memadai,” ujarnya.

Baca juga: Jelang KTT G20 November 2022, Kemenkominfo Siapkan Layanan Telekomunikasi

Menkominfo juga meminta kepada PSE lingkup privat untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah apabila mengalami dugaan serangan siber.

“Kepada rekan-rekan PSE lingkup privat, jangan lengah. Agar selalu memperhatikan dan berkomunikasi dengan pemerintah untuk membantu apabila ada dugaan-dugaan, berkomunikasi dengan pemerintah untuk mendapat masukan dan input, sehingga bisa menjaga sistem elektroniknya dengan baik dan dapat melaksanakan kewajibannya untuk memberikan perlindungan terhadap data pribadi masyarakat yang ada pada sistem elektroniknya masing-masing,” kata Menkominfo.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com