Menu
Sign in
@ Contact
Search
Penerapan teknologi pada alat e-KTP reader. ( Foto ilustrasi: Istimewa )

Penerapan teknologi pada alat e-KTP reader. ( Foto ilustrasi: Istimewa )

Implementasi Teknologi Terminal Layanan Mandiri pada Perbankan BUMN

Rabu, 5 Oktober 2022 | 23:46 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – HID Global dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (PT INTI) menyampaikan pada Rabu (5/10) bahwa kemitraan di antara kedua perusahaan telah berhasil mengimplementasikan mesin pembaca kartu identitas di berbagai Terminal Layanan Mandiri (Self-Service Terminal/SST) sehingga memberikan layanan perbankan komprehensif bagi bank-bank BUMN di Indonesia.

Terminal Layanan Mandiri tersebut memudahkan pelanggan untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan, tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan perusahaan penyedia jasanya terlebih dulu. Teknologi ini juga menyediakan pendampingan bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan, serta pada saat yang bersamaan, dapat menekan pengeluaran biaya tenaga kerja sekaligus meningkatkan produktivitas bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

Baca Juga: Laporan Solusi Autentikasi KuppingerCole Akui HID Global Pemimpin Pasar

Disampaikan dalam siaran pers, bahwa implementasi teknologi Terminal Layanan Mandiri antara lain dapat digunakan oleh pengguna untuk memindai dan melakukan pembayaran barang belanjaan secara mandiri di merchant atau toko tanpa harus menunggu dilayani oleh kasir. Teknologi ini pun dapat digunakan untuk melakukan pengambilan uang tunai di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang sudah terintegrasi dengan mesin pembaca kartu identitas (NID Reader).

Selain itu, perangkat pembaca kartu identitas membantu pengguna melakukan verifikasi sidik jari dan membaca, serta menampilkan data demografis atau kependudukan, foto maupun tanda tangan pada chip KTP elektronik (e-KTP). Teknologi ini dapat disajikan secara terpadu di terminal serta diintegrasikan dengan aplikasi lain menggunakan data yang tersimpan dalam KTP elektronik.

Baca Juga: PT INTI Jadi ‘BUMN Sektor Industri’ Pertama Kantongi Sertifikasi CSIRT Cyber Security

Adalah Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) – sebagai anggota Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) – yang berhasil untuk pertama menerapkan layanan SST kepada para nasabahnya menggunakan SST, yang dilengkapi dengan Radio Frequency Identification (RFID) dan Pembaca Biometrik HID Global berkemampuan membaca kartu identitas nasional.

Dengan kelengkapan OMNIKEY™ 5122 Reader Board dan modul DigitalPersona® 5200 Fingerprint dari HID, perusahaan dapt menyediakan jajaran teknologi yang diperlukan untuk membaca identitas, baik berupa kartu identitas maupun sidik jari sebagai otentikasi faktor ganda.

Baca Juga: DJP Jalin Kerja Sama tentang Pertukaran Data dengan Himbara

Vice President Rekayasa dan Pengembangan Produk PT INTI Darma Nugraha mengatakan, teknologi RFID dan Biometric Reader dari HID yang diintegrasikan dengan teknologi PT INTI (Persero) telah berhasil memudahkan implementasi mesin pembaca kartu identitas di lebih dari 5.000 Terminal Layanan Mandiri untuk perbankan anggota HIMBARA di Indonesia.

Benefit-nya, bank-bank tersebut dapat mengalami peningkatan kualitas layanan sembari mengurangi biaya operasional secara signifikan,” ujar dia.

Baca Juga: Catat, Bikin E-KTP dan Kartu Keluarga Gratis

Sementara itu, SVP and Head of Extended Access Technologies HID Global Steve Currie mengungkapkan, pandemi Covid-19 secara radikal mengubah perilaku konsumen dan bisnis. Seiring adanya protokol kesehatan dan keharusan menjaga jarak, bank-bank pun mencari cara untuk memberikan layanan yang aman dan efisien kepada seluruh nasabah mereka. Dan penerapan teknologi layanan mandiri merupakan salah satu jawaban untuk mewujudkan tranformasi layanan digital.

“Kami percaya Terminal Layanan Mandiri yang telah dilengkapi dengan mesin pembaca kartu identitas adalah tren baru di Indonesia. Meningkatnya penggunaan online/internet banking diyakini berdampak positif terhadap penerapan terminal layanan mandiri di sektor perbankan, jasa keuangan, dan asuransi di tanah air. Teknologi tersebut tidak hanya menguntungkan nasabah namun juga meningkatkan pengalaman administrasi bagi bank,” tuturnya.

Ditambahkan oleh Steve, kepuasan pelanggan tercipta dari pengalaman yang dialami oleh masing-masing pelanggan. Apalagi di era digital saat ini, nasabah menginginkan pelayanan yang efisien, mudah, dan aman dari bank mereka.

Baca Juga: Transaksi Digital Banking Capai Rp 39.841,4 T di 2021

Teknologi Layanan mandiri memegang peranan, membantu mempercepat waktu pelayanan, meningkatkan kepuasan nasabah, dan pada saat bersamaan tetap memberikan keamanan secara utuh. Berkat teknologi Layanan mandiri, semakin banyak nasabah yang berusaha menyelesaikan masalah perbankan mereka secara mandiri sebelum menghubungi customer service.

Guna mendiskusikan lebih lanjut, kata Steve, soal adaptasi industri perbankan Indonesia terhadap era inovasi teknolgi dan perkembangannya, HID Global menggelar kegiatan webinar bagi para pelaku industri perbankan dan keuangan bertajuk “Penerapan e-KTP Untuk Keamanan ATM/CRM” pada Kamis (6/10).

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com