Menu
Sign in
@ Contact
Search
mantan karyawan Rocket Internet, Kailash Raghuwanshi dan konsultan teknologi Mahardika Prima mendirikan Gua Digital, sebuah perusahaan VB yang melakukan pengembangan di Paygua, aplikasi teknologi finansial untuk usaha yang saat ini bekerjasama dengan GarudaFood
Sumber: Istimewa

mantan karyawan Rocket Internet, Kailash Raghuwanshi dan konsultan teknologi Mahardika Prima mendirikan Gua Digital, sebuah perusahaan VB yang melakukan pengembangan di Paygua, aplikasi teknologi finansial untuk usaha yang saat ini bekerjasama dengan GarudaFood Sumber: Istimewa

Mengenal ‘Venture Builder’ dalam Ekosistem Teknologi

Kamis, 20 Oktober 2022 | 04:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Saat ini ada berbagai cara perusahaan dapat bertahan di era disrupsi digital, salah satunya adalah dengan turut serta berinvestasi atau mendirikan unit usaha baru berbasis teknologi. Namun mendirikan bisnis digital yang dapat mengembalikan investasi tidaklah mudah, di sisi lain berinvestasi secara langsung di startup digital memiliki resiko yang sangat tinggi, karena hanya 1 dari 10 investasi di startup yang berhasil.

Salah satu solusi bagi perusahaan untuk tidak tertinggal disrupsi digital dengan resiko yang lebih baik adalah bekerjasama dengan Venture Builder.

Baca juga: Seniman Grafiti Stereoflow Gagas Mural di 4 Lapangan Taman Menteng

Berbeda dengan Venture Capital (VC), Venture Builder fokus pada riset dan pengembangan teknologi dan validasi model bisnis sebelum membentuk badan usaha dan melakukan investasi, sehingga resiko kegagalan dapat diminimalisir. Sedangkan Venture Capital fokus pada investasi berbasis valuasi pada badan usaha yang sudah bergerak namun mayoritas merugi.

Venture Builder atau VB sudah sangat populer di negara bagian Eropa dan terbukti keberhasilannya. Salah satu perusahaan VB yang terkenal adalah Rocket Internet, perusahaan di balik kesuksesan Lazada, Zalora, Foodpanda dan berbagai perusahaan digital lainnya dan berhasil melantai di bursa Jerman pada tahun 2014

Hal ini yang mendasari mantan karyawan Rocket Internet, Kailash Raghuwanshi dan konsultan teknologi Mahardika Prima mendirikan Gua Digital, sebuah perusahaan VB yang melakukan pengembangan di Paygua, aplikasi teknologi finansial untuk usaha yang saat ini bekerjasama dengan GarudaFood

Baca juga: Telkomsel Sediakan 39 BTS 5G di Ajang KTT G20 Bali

CEO Gua Digital Kailash Raghuwanshi mengatakan, mengembangkan bisnis teknologi yang disruptif dan memecahkan masalah bukan sekedar soal besarnya investasi, tetapi pondasi yang baik. “Membangun teknologi adalah keahlian kami, namun keberhasilan suatu bisnis teknologi bukan hanya terletak pada teknologi, pendiri yang berpengalaman atau investasi besar-besaran untuk akusisi pasar, tapi sumber daya distribusi,” ungkap Kailash dalam keterangan pers, Rabu (19/10/2022).

Untuk itu, lanjut dia, pendekatan Gua Digital adalah Corporate Venture Building yang bekerjasama dengan perusahaan yang sudah sangat kokoh namun belum memiliki pengalaman mendirikan perusahaan berbasis teknologi. Dengan melakukan spin-off entitas perusahaan baru dan meluncurkannya ke pasar dengan jalur distribusi yang sudah matang, sehingga mudah untuk akusisi pasar tanpa harus bakar uang seperti startup yang didanai Venture Capital. 

Baca juga: Jelang KTT G20 di Bali, Telkomsel Siapkan 682 BTS

Pendiri dan COO Gua Digital Mahardika Prima menjelaskan, melihat banyak perusahaan besar dengan sumber daya keuangan dan distribusi yang kuat gagal dalam mengembangkan bisnis digital setelah menghamburkan puluhan miliar karena salah strategi.

“Di Gua Digital kami membangun teknologi yang kami analisa berhasil di negara lain, mengimplementasikannya di Indonesia, dan bekerjasama mendirikan perusahaan dengan pemain besar di industri sejenis sehingga dapat terakselerasi dengan cepat pertumbuhannya,” paparnya.

Di Indonesia juga terdapat beberapa perusahaan VB seperti Indonusa Dwitama, perusahaan yang mendirikan Tokopedia dan telah ‘exit’ dengan return yang sangat besar pada 2016. Serta, WGS Hub yang telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2020.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com