Menu
Sign in
@ Contact
Search
Foto: IST

Foto: IST

Bantu Brand Indonesia, Shieldtag Perluas Adopsi Hologram QR Code

Rabu, 23 November 2022 | 21:11 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id- Shieldtag, perusahaan yang menyediakan layanan sertifikasi elektronik yang dapat memverifikasi keaslian sebuah produk melalui teknologi QR code, hadir di Indonesia untuk membantu brand Indonesia mematuhi kebijakan Paspor Produk Digital (PDP) dari Uni Eropa dengan menyediakan layanan sertifikasi elektronik yang dapat memverifikasi keaslian produk melalui stiker hologram dan teknologi encrypted QR code.

Bagi produsen Indonesia yang melakukan ekspor ke wilayah Uni Eropa, kebijakan baru PPD menuntut perusahaan untuk mulai mempersiapkan sistem elektronik yang tepat. Pasalnya, di Indonesia belum banyak perusahaan yang telah menerapkan QR code untuk menjamin orisinalitas produk maupun informasi pembuatannya.

Kehadiran Shildtag ini, seiring dengan peraturan dari Komisi Uni Eropa yang telah merancang kebijakan PPD, untuk meningkatkan transparansi informasi antara produsen, pemerintah, maupun konsumen, sejak awal 2022.

“Kami siap mendukung program Paspor Produk Digital Uni Eropa, terutama karena hal ini sejalan dengan visi dan misi kami, yaitu membangun dunia yang transparan, otentik, dan saling terhubung,” kata William Japari, Founder & CEO Shieldtag dalam keterangan persnya, Rabu (23/11/2022).

Menurut William, Shieldtag akan terus memperluas adopsi hologram QR code, terutama di sektor krusial seperti obat-obatan, skincare, kosmetik, hingga produk elektronik.

“Dengan menjunjung transparansi informasi, konsumen akan terhindar dari risiko seperti produk palsu/bajakan, komposisi produk yang tidak sesuai peraturan setempat, dan sebagainya,” ujar William.

William menjelaskan, ketika konsumen memindai QR code melalui aplikasi/website Shieldtag, nantinya akan muncul sertifikat keaslian produk yang mencantumkan izin peredaran, sertifikat BPOM, tanggal kadaluarsa, ataupun garansi.

Tidak hanya itu, teknologi Shieldtag juga dapat memantau jangkauan peredaran produk. Seluruh data yang terdapat dalam Shieldtag Distribution Tracking System dapat dikelola langsung melalui Marketing Automation Engine, sehingga pemilik brand bisa melakukan pengiriman email/SMS massal, meningkatkan followers media sosial, hingga bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk.

Untuk memastikan kredibilitasnya, Shieldtag hanya bekerja sama dengan produk-produk yang telah memiliki ijin relevan (seperti izin BPOM) dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang didaftarkan, salah satu contohnya adalah brand skincare Azarine. Hingga saat ini, Shieldtag telah melindungi lebih dari 10 juta produk dari portfolio klien yang dimiliki.

“Di waktu dekat, kami akan terus melengkapi data dan infrastruktur Shieldtag agar bisa memuat fitur-fitur lain yang bisa menunjang keperluan bisnis. Kami juga berharap kedepannya Shieldtag bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah, terutama dalam melakukan perlindungan keaslian produk dan tracking distribusi bagi para UMKM Indonesia yang siap ekspor ke luar negeri,” tambah William.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com