Menu
Sign in
@ Contact
Search
Situs resmi Presiden RI (Foto: Tangkapan layar)

Situs resmi Presiden RI (Foto: Tangkapan layar)

Kemenkominfo: Presiden.go.id Bukan Situs Resmi Presiden RI

Kamis, 24 November 2022 | 23:00 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan situs web resmi Presiden Republik Indonesia adalah presidenri.go.id, bukan presiden.go.id.

“Situs resmi Presiden Republik Indonesia (RI) adalah presidenri.go.id dan tidak ada situs lain apa pun yang menjadi situs resmi Presiden RI. Situs presiden.go.id juga bukan merupakan situs resmi Presiden RI saat ini” kata Kemenkominfo melalui siaran pers, Kamis (24/11/2022).

Kemenkominfo juga memastikan bahwa laman presiden.go.id ini pernah diajukan untuk dibuka pada 29 April 2015, namun alamat domain telah kadaluarsa (expired) pada tanggal 29 April 2016 karena tidak pernah digunakan secara resmi.

“Karena tidak digunakan dalam waktu yang lama, maka situs tersebut telah ditangguhkan (suspended) sejak 7 September 2021. Dengan demikian, penangguhan atas situs presiden.go.id bukanlah hal yang baru,” ujarnya. Saat ini, Kemenkominfo telah menghapus situs presiden.go.id agar tidak menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

Baca juga: Kemenkominfo Hadirkan Modul Literasi Digital dalam LMS Sikuat Kemendagri

Sebelumnya, Rabu (23/11/2022) pukul 19.15 WIB, Lembaga Riset Keamanan Siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) menemukan situs presiden.go.id tidak bisa diakses. Penyebabnya bukan karena diretas, tapi karena belum membayar domain. Ini terlihat dari keterangan saat kita membuka website resmi kepresidenan.

“Soal siapa yang bertanggungjawab, pastinya adalah admin, biar istana nanti yang menjelaskan lebih rincinya. Namun dari kejadian ini menjelaskan ke publik bagaimanan masalah siber, baik dari sisi keamanan dan maintenance masih jauh dari ideal. Apalagi ini situs kepresidenan, jangan-jangan jarang sekali dilakukan pengecekan berkala, sampai-sampai admin tidak tahu domainnya sudah expired atau kadaluwarsa,” ungkap Pratama Persadha, Chairman CISSReC dalam keterangan resminya.

Baca juga: Kemenkominfo Ajak Pemuda Indonesia Makin Cakap Digital

Menurut Pratama, tentu ini bukan perkara harga domain yang seharusnya juga tidak seberapa. Ini murni masalah awarness dan ini masalah serius karena ini aset digital RI 1.

“Bayangkan saja akibat kurang pengecekan nantinya situs diretas dan diposting oleh peretas berbagai hal yang tidak sesuai, tentu akan mengundang polemik lebih jauh,” tandas Pratama.


 

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com