Menu
Sign in
@ Contact
Search
Konten lagu lokal Dunia Tipu-Tipu disukai Gen Z pada 2022

Konten lagu lokal Dunia Tipu-Tipu disukai Gen Z pada 2022

2023, Konten Lokal Diprediksi Masih Digemari di Medsos

Rabu, 7 Des 2022 | 19:45 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Meta Indonesia, pengelola dan pemilik dari Instagram, Facebook, dan WhatsApp, memprediksi bahwa konten buatan lokal tetap relevan dan digemari kalangan Generasi (Gen) Z pengguna platform media sosial (medsos) pada 2023. Konten yang digemari antara lain kuliner dan wisata serta lagu dan tarian lokal.

"Untuk di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer," kata Direktur Kemitraan Kreator Meta Indonesia dan Asia Tenggara Revie Sylviana dalam pernyataannya, Rabu (7/12/2022).

Dalam laporan ‘Yang Dicintai Gen Z Indonesia di Instagram’,  berdasarkan data internal Instagram dan Populix, platform milik Meta itu memperkirakan ada tiga tren yang bersinar pada 2023, yaitu kuliner dan wisata, lagu dan tarian lokal, serta  web 3.

Baca juga: Ekosistem Digital Harus Didorong Berpihak pada Kreator dan Konten Lokal

Advertisement

Instagram menemukan bahwa Gen Z lebih banyak menggunakan dan membagikan konten lokal, berupa lagu dan tarian dibandingkan konten asing untuk Reels. Populix juga mendapati satu dari dua Gen Z pernah menggunakan lagu ‘Dunia Tipu-Tipu’ dari Yura Yunita dan sepertiga menyukai lagu ‘Ojo Dibandingke’ yang dinyanyikan Farel Prayoga.

Gen Z di Instagram juga menyukai lagu ‘Full Senyum Sayang’ Evan Loss, ‘Hati-Hati di Jalan’ oleh Tulus dan ‘I Love Mama Mantu’ dari Bulan Sutena.

Instagram pun menyebutkan, konten soal kuliner dan wisata masih berjaya untuk tahun 2023. Sebagian besar tanda pagar (tagar) terpopuler pada 2022 berkaitan dengan makanan dan wisata, seperti #Bali, #PesonaIndonesia, dan #Kuliner. Sebanyak 40% Gen Z yang disurvei Populix menyampaikan aktif menggunakan ketiga tagar itu.

Gen Z di Indonesia juga tertarik dengan teknologi web 3, seperti NFT, avatar, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR). Populix menemukan 65% Gen Z ingin melihat lebih banyak vitur VR di Instagram. Mereka pun tertarik menggunakan fitur AR buatan kreator Indonesia, yaitu ID Flag dan Kasat Mata.

Baca juga: Menparekraf Dorong Santri Ciptakan Konten Kreatif di Medsos

Sepanjang tahun 2022, Instagram mencatat Gen Z menyukai konten video yang ada di Reels dan Instagram Story. Kedua fitur tersebut menjadi tempat kesukaan bagi mereka untuk menonton konten yang menghibur.

Untuk berinteraksi, Gen Z menggunakan fitur komentar dan pesan pribadi (direct message/DM). Mereka juga gemar menggunakan fitur Sticker Add Yours di Reels dan Story.

Topik yang diminati Gen Z Indonesia di Instagram tidak melulu soal hiburan. Mereka juga tertarik dengan aksi sosial, seperti lingkungan yang berkelanjutan, otentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas, dan kesehatan mental. Instagram juga menemukan pengguna muda menyukai avatar, seperti Thumb Up, Blowing Kiss, dan Winky.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com