Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
WhatsApp.

WhatsApp.

Aneka Fitur WhatsApp Web yang Memudahkan Penggunanya

Senin, 30 Agustus 2021 | 18:37 WIB
Mashud

JAKARTA, investor.id - Hampir semua pengguna smartphone telah menggunakan aplikasi Whatsapp (WA). Kini, akun Whatsapp Anda masih bisa diakses melalui platform lainnya yaitu web, yang bisa dibuka di komputer atau laptop. Aplikasi WA web ini melengkapi pemakaian WA mobile di smartphone.

Anda bisa melakukan chatting di aplikasi Whatsapp melalui web dengan tampilan yang lebih lebar, karena ukuran layarnya lebih besar. Fungsinya kurang lebih sama dengan WA mobile, walaupun terdapat beberapa hal yang berbeda di antara keduanya.

Fitur yang terdapat pada WA web
Seperti dikutip dari suratkabar.id sama halnya dengan WA mobile, Anda juga bisa mengirim pesan atau chat di Whatsapp web. Selain itu hampir semua fitur di WA mobile juga sama dengan fitur yang terdapat pada Whatsapp web. Namun pada Whatsapp web ini tidak ada fitur suara/video.

Fitur yang terdapat pada Whatsapp web yaitu sebagai berikut:
1. Pintasan emoji
Ikon emoji berada tepat di sebelah kolom teks untuk chatting di Whatsapp web. Namun ada pintasan atau shortcut yang memudahkan Anda, sehingga Anda tidak perlu membuka emoji melalui tabnya.

Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengetikkan 2 huruf pertama dari jenis emoji yang Anda ingin gunakan pada kolom pencarian. Kemudian teksnya akan diganti oleh emoji yang Anda maksud. Baki dari emoji itu sendiri juga akan muncul di bagian atas untuk kemudian Anda pilih.

2. Emoticon ke emoji
Shortcut lainnya yang bisa Anda gunakan di Whatsapp web adalah dengan mengetikkan emoticon-nya. Pengguna Whatsapp yang sudah menjadi pengguna setia sejak dahulu tentu sudah tidak asing dengan jenis emoticon yang ada dan representasinya.
Emoticon pilihan ini apabila diketikkan maka akan berubah dengan otomatis menjadi emoji yang dimaksud. Contohnya ketik (y) maka akan berubah menjadi emoji jempol ke atas, ikon (n) untuk emoji jempol ke bawah, :* untuk emoji cium, dan sebagainya.

3. Menggunakan 2 Akun Web Whatsapp
Apabila Anda memiliki dua akun Whatsapp maka Anda juga bisa membuka keduanya di WA web. Anda bisa menggunakan beberapa jenis browser atau peramban untuk membuka akun Whatsapp tersebut. Misalnya gunakan Chrome untuk akun Whatsapp yang satu dan gunakan Mozilla untuk akun Whatsapp lainnya.

4. Adanya mode gambar di dalam gambar atau PiP
Whatsapp web juga telah didukung oleh mode Picture-in-Picture untuk video di platform lainnya seperti di Youtube, Facebook dan juga Instagram.

Fitur yang satu ini akan memungkinkan Anda untuk menonton video secara langsung, tanpa harus keluar dari aplikasi. Namun jika fitur ini dipakai di Whatsapp web memang agak rumit, karena diperlukan waktu untuk membuka tautan tersebut.
Apabila kotak videonya tidak muncul di sana maka tunggu saja dalam waktu beberapa detik, nanti akan muncul video yang dimaksud.

Tips aman menggunakan Whatsapp web
Pada saat Anda menginstall aplikasi Whatsapp web di komputer dekstop atau laptop maka siapapun yang membuka PC/laptop Anda akan bisa mengakses akun Whatsapp di sana. Kecuali jika Anda menerapkan password atau kata sandi di komputer Anda.

Namun jangan sampai Whatsapp web yang Anda gunakan menjadi konsumsi publik. Disarankan setelah selesai menggunakan aplikasi Whatsapp web sebaiknya langsung log out akun Anda. Caranya yaitu dengan mengklik menu yang bentuknya titik tiga pada bagian kanan atas kemudian pilih menu log outdi sana.

Hal ini akan meminimalisir penggunaan Whatsapp web di PC/laptop Anda, yang bisa saja disalahgunakan oleh orang lain.
Untuk itu, pemakaian WA web di komputer atau laptop tetap aman dan Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun secara keseluruhan, Whatsapp web ini memberi banyak manfaat untuk para pengguna Whatsapp.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : -

BAGIKAN