Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Bukalapak

Ilustrasi Bukalapak

Aplikasi Bukalapak Sempat Hilang dari Google Play Store

Abdul Muslim, Kamis, 19 September 2019 | 17:17 WIB

JAKARTA, investor.id - Aplikasi Bukalapak, marketplace yang telah berkembang menjadi layanan teknologi lebih luas, terpantau sempat menghilang dari toko aplikasi Google Play Store sejak Rabu (18/9) malam. Namun, pada Kamis (19/9), sekitar pukul 17.00 WIB, aplikasi tersebut pada akhirnya muncul dan bisa diunduh lagi.

Kejadian menghilangnya aplikasi yang berlangsung dari Rabu malam hingga Kamis sore itu pun sempat menimbulkan tanda tanya para warga internet (warganet) di Tanah Air. Karena, pengguna baru sempat tak bisa mengunduhnya ke perangkat berplatform Andorid.

Sementara itu, dari pantauan hingga Kamis (19/9) siang, hanya aplikasi marketplace Bukalapak yang sempat menghilang dari Google Play Store. Aplikasi Bukalapak di Apple App Store tetap tersedia dan bersanding dengan aplikasi online marketplace lainnya, seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee, dan Bibli.

Tak pelak, hal tersebut sempat menimbulkan pertanyaan. Rumor yang berkembang pun sampai berspekulasi bahwa aplikasi Bukalapak telah melanggar ketentuan Google Play Store, sehingga terpaksa dihapus oleh Google, sebagai pemilik toko aplikasinya.

Sejumlah warganet melaporkan hilangnya aplikasi Bukalapak di toko Android tersebut sejak Rabu malam. "@BukaBantuan, ada apa dengan Bukalapak? Mengapa Play Store menghapus aplikasi Bukalapak?" tanya akun @joelND1, seperti dikutip Kamis (19/9).

Akun customer service @BukaBantuan Bukalapak pun langsung membalas pertanyaan dan keluhan warganet tersebut dengan menjelaskan bahwa pada saat itu aplikasi Bukalapak sedang dalam tahap pembaruan.

"Hai Kak, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Bella informasikan saat ini terdapat pembaruan pada sistem pada aplikasi Bukalapak di Play Store dan sedang dalam penanganan tim terkait kami. Namun, jangan khawatir, kakak tetap dapat bertransaksi di Bukalapak melalui desktop, atau m-web. Terima kasih ^NA," tulis @BukaBantuan.

Pada Kamis siang, Corporate Communications Bukalapak juga telah memberikan penjelasan lebih panjang tentang masalah yang menimpa aplikasi Bukalapak, kenapa tak bisa ditemukan di Google Play Store.

Corporate Communications Bukalapak mengakui, aplikasi Bukalapak sempat mengalami kendala untuk diunduh melalui Google Play Store. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi kegiatan layanan jual beli di Bukalapak maupun operasional BukaBantuan yang dapat diakses dengan normal.

Pengguna yang sudah mengunduh aplikasi Bukalapak di perangkat pintarnya, antara lain smartphone dan laptop, juga tetap dapat menggunakannya dengan normal untuk bertransaksi. Sementara itu, aplikasi Mitra Bukalapak di Google Play Store dan aplikasi Bukalapak di Appstore tetap dapat diunduh seperti biasa.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna baru yang ingin mengunduh aplikasi kami melalui Google Play Store. Saat ini, kami sedang melakukan upaya pembaharuan agar Bukalapak dapat segera diunduh oleh pengguna baru melalui Google Play Store,” jelasnya.

Bukalapak merupakan marketplace yang terbuka untuk digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, sehingga tim teknis berupaya keras untuk menjaga kenyamanan untuk seluruh pengguna. Hingga akhirnya, pada Kamis sore, aplikasi Bukalapak muncul lagi di Google Play Store dan sudah bisa diunduh oleh para calon pelanggan baru. 

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA