Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Fitur iMassege pada iOS 14. (IST)

Fitur iMassege pada iOS 14. (IST)

Apple iOS 14 Hadirkan Fitur yang Memanjakan

Sabtu, 27 Juni 2020 | 09:04 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Apple, raksasa vendor teknologi yang berpusat di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS), baru saja  merilis sistem operasi (operating system/OS) terbaru untuk iPhone, yakni iOS 14. Fitur-fitur dan aplikasi baru dengan sejumlah peningkatan pun akan memanjakan para penggunanya.

Setidaknya, ada enam fitur baru pada iOS 14 yang akan memberikan pengalaman baru, seperti dikutip dari Phone Arena. Pertama, layar beranda iOS 14 diubah menjadi antarmuka terbesar dengan jauh lebih fungsional.

Apple selama ini dikenal konservatif dalam pendekatan layar beranda iPhone. Namun, kali ini, iOS 14 membawa banyak hal baru, termasuk beberapa fitur kustomisasi yang sebelumnya hanya ada pada OS saingan utamanya, Android yang lebih banyak digunakan pada smartphone di dunia.

App Librabry juga tampil baru untuk mengatur aplikasi iPhone dalam berbagai grup. Fitur ini mirip dengan laci aplikasi Android yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi dari layar beranda utama.

Begitu juga, widget di iOS 14 kini menjadi lebih fungsional. Widget dirancang ulang agar pas dengan lokasi pengguna yang ditampilkan di layar beranda dan lebih kaya data dari sebelumnya. iOS 14 memiliki tiga ukuran widget, yaitu kecil, sedang, dan besar.

Kedua, Siri lebih pintar. Siri pada iOS 14 mendapatkan desain yang lebih ringkas yang tidak memakan seluruh layar setiap kali digunakan. Ketika menanyakan hal-hal tertentu, seperti membuka aplikasi, Siri muncul dalam gelembung kecil di bagian bawah dan melakukan hal yang diminta tanpa menutup seluruh tampilan layar.

Ketiga, Picture-in-picture (PiP) pada iOS 14 memungkinkan penggunanya untuk menonton dan mendengarkan video sambil berinteraksi dengan aplikasi lain di iPhone.

Keempat, Translate merupakan aplikasi terjemahan baru dari Apple yang memulai debutnya di iOS 14. Aplikasi ini punya keistimewaan karena penggunaannya lebih untuk menerjemahkan secara real-time dari seluruh percakapan, baik secara langsung maupun offline.

Selain itu, Translate Apple bisa untuk mencari kata-kata dalam berbagai bahasa. Aplikasi saat ini baru mendukung bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, Arab, Portugis, dan Rusia, serta akan ditambah bertahap.

Kelima, fitur iMessage di iOS 14 menghadirkan peningkatan kontrol atas percakapan dan lebih banyak lagi opsi untuk obrolan grup. Perbaikan hebat dilakukan yang memungkinkan pengguna lebih mudah memilah pesan dan terlibat dalam percakapan dengan teman-teman.

Terakhir, Apple mendesain ulang Maps. Awal tahun ini, aplikasi Apple Maps baru diluncurkan di AS dengan menampilkan navigasi yang lebih baik dan detail yang lebih kaya, seperti jalur pejalan kaki dan landmark.

Aplikasi Apple Maps yang diperbarui juga akan datang ke lebih banyak negara tahun ini, termasuk Inggris, Irlandia, dan Kanada.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN