Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Daruma jalin kerja sama dengan UKM Indonesia

Daruma jalin kerja sama dengan UKM Indonesia

Daruma Dukung Pengembangan UKM

Abdul Muslim, Selasa, 26 November 2019 | 09:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Daruma, salah satu pelaku usaha perdagangan secara elektronik (e-commerce) di Indonesia, ikut berkonstribusi dalam membantu peningkatan jumlah wirausaha, terutama usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Hal ini perlu dilakukan sejalan dengan rasio wirausaha di Tanah Air yang masih rendah.

Daruma pun menggandeng UKM Indonesia sebagai mitra untuk bersama membangun dan mendampingi UKM di seluruh wilayah Indonesia agar dapat meningkatkan kelasnya di pasar, baik di skala nasional maupun internasional.

Tepat pada Jumat (8/11), Daruma yang diwaliki oleh Direktur Utama Daruma Herry Wijaya dan UKM Indonesia yang diwakili oleh Dewi M Haryanti selaku project leader dari UKM Indonesia, sepakat secara resmi sebagai official partner untuk bersama-sama mengembangkan dan membangun UKM di Indonesia melalui platform Daruma Nusantara.

Public Relation Daruma, Adzwin Indarjati mengatakan, di era digital sekarang ini, peran e-commerce untuk mendukung pertumbuhan wirausaha sangatlah penting. Dengan memberikan revolusi transaksi jual dan beli yang lebih mudah dan efisen, penjual maupun pembeli pun tidak lagi direpotkan dengan proses transaksi yang konvensional.

“Selain itu, Daruma akan menyediakan platform untuk para pelaku UKM di Indonesia agar terhubung dengan para investor melalui platform Business Matching yang diharapkan mampu memberikan angin segar kepada para pelaku usaha,” ujar Adzwin, dalam keterangannya, Senin (25/11).

Tidak hanya itu, Daruma bersama UKM Indonesia juga akan memberikan pendampingan berupa pelatihan mengenai go digital, branding produk, dan hal hal lainya terkait dengan apa yang mereka butuhkan untuk mengembakan usahanya.

“UKM Indonesia hadir bersama Daruma untuk memberikan wadah serta solusi bagi para pelaku usaha di Indonesia dengan harapan mampu menaikkan kelasnya dan bersaing di pasar nasional maupun internasional untuk ke depannya,” tambah Adzwin.

Menurut dia, berkembangnya teknologi informasi (TI) di Indonesia terbilang belum merata. Hal ini bisa dilihat dari belum terlalu banyaknya konstribusi TI untuk masyarakat di Indonesia, khususnya bagi para wirausaha UKM di daerah.

Sementara itu, data Kementerian Koperasi dan UKM pun menyebutkan bahwa rasio wirausaha di Indonesia baru berada pada angka 3,1% dari total populasi. Angka tersebut masih tertinggal dari negara tetangga, antara lain Singapura yang telah mencapai angka 7% dan Malaysia 5% dari jumlah penduduknya.

UKM Indonesia merupakan salah satu lembaga yang menaungi dan mendampingi UKM di seluruh wilayah Indonesia. Sampai tahun 2019, total UKM yang berada di bawah naungan UKM Indonesia sebanyak 1.300 usaha yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ada enam sub sektor usaha yang dikategorikan oleh UKM Indonesia, yaitu industri makanan, tekstil, jasa penyedia makanan dan minuman, dan jasa akomodasi. UKM Indonesia berkomitmen untuk dapat mengembangkan seluruh UMKM di Indonesia agar dapat naik kelas dan mampu berkompetisi di kancah internasional

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN