Menu
Sign in
@ Contact
Search
Alternate Chair DEWG G20 Dedy  Permadi

Alternate Chair DEWG G20 Dedy Permadi

DEWG LABUAN BAJO SUKSES

Delegasi G20 Sepakat Perkuat Tata Kelola Data Lintas Batas Negara

Sabtu, 23 Juli 2022 | 05:36 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

LABUAN BAJO, investor.id – Delegasi negara-negara G20 yang bergabung dalam Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) sepakat untuk memperkuat tata kelola data lintas batas negara. Hal itu diungkapkan Alternate Chair Dedy Permadi di hari terakhir penyelenggaraan Pertemuan Ketiga DEWG G20 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat Sore (22/7/2022).

Dedy mengungkapkan, Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 menyelenggarakan lokakarya (workshop) yang membahas aliran data lintas batas negara (Cross-Border Data Flow and Data Free-Flow with Trust/DFFT and CBDF) pada Jumat (22/7/2022). Dari workshop yang melibatkan multistakeholder seperti pemerintah, sektor swasta, organisasi internasional, akademisi, dan organisasi non pemerintah tersebut, dicapai kesepakatan tentang tata kelola data lintas negara.

"Keseluruhan pihak sepakat bahwa perlu ada penguatan tata kelola data lintas batas negara. Ini sangat penting, terutama untuk penguatan perlindungan data pribadi pengguna sistem elektronik yang selama ini sudah menggunakan platform global, termasuk didalamnya juga untuk mengelola dan mendistribusikan data-data," kata Dedy yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Menkominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan SDM tersebut.

Menkominfo Buka Pertemuan Ketiga DEWG G20

Dedy menekankan, arus data lintas batas negara ini akan menjadi semakin penting ke depan, dan menjadi salah satu isu yang dibicarakan. Sehingga, tata kelolanya akan terus dinegosiasikan antara negara-negara di dunia.

Dia menjelaskan, tata kelola arus data lintas batas negara ini dilakukan dengan dasar kepercayaan (trust). Dalam hal ini, Presidensi Indonesia mengusulkan adanya communalities common understanding atau pemahaman bersama di antara negara-negara G20 terkait dengan tata kelola data lintas batas negara yang harus dilandasi prinsip transparansi, lawfulness, dan fairness.

"Dan yang paling penting di sini adalah bagaimana mengoperasionalisasikan, serta mengkonkretkan apa yang disebut sebagai DTTF/CBDF," tutur dia.

Pertemuan Ketiga Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 atau 3rd Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting G20 berlangsung di Labun Bajo pada 20-22 Juli 2022, dengan keterlibatan seluruh anggota delegasi seperti pada pertemuan pertama dan kedua.

Bahas 2 Agenda Prioritas, Pertemuan DEWG G20 Labuan Bajo Berlangsung Produktif

Dalam pertemuan ketiga ini, hadir 20 delegasi negara-negara G20, yang terdiri atas 17 delegasi hadir fisik dan 3 delegasi menghadiri secara virtual. Selain itu, hadir pula dua negara undangan serta tiga organisasi internasional, yakni International Telecommunication Union (ITU), United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP), dan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Event yang berlangsung selama tiga hari tersebut juga dihadiri perwakilan tiga kampus perguruan tinggi nasional, yakni Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, dan Universitas Gadjah Mada.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas dua agenda prioritas, yakni keterampilan digital dan literasi digital (Digital Skills and Digital Literacy), serta aliran data lintas batas negara (Cross-Border Data Flow and Data Free-Flow with Trust/DFFT and CBDF).

Kedua isu tersebut diharapkan mendorong ruang digital bermanfaat dan data yang bernilai tinggi secara ekonomis. Selain itu juga memperhatikan aspek kedaulatan data dalam kaitan dengan geopolitik dan geostrategis.

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com