Menu
Sign in
@ Contact
Search
Dari kiri ke kanan, Managing Director Grab Neneng Goenadi, Wakil Direktur Utama B Universe Apreyvita D Wulansari, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Senior Partner Northstar Group Sunata Tjiterosampurno, dan Moderator Fristian Griec saat Investor Daily Summit 2022. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Dari kiri ke kanan, Managing Director Grab Neneng Goenadi, Wakil Direktur Utama B Universe Apreyvita D Wulansari, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Senior Partner Northstar Group Sunata Tjiterosampurno, dan Moderator Fristian Griec saat Investor Daily Summit 2022. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Ekonomi Digital Indonesia Bisa Kalahkan Tiongkok

Selasa, 11 Okt 2022 | 19:44 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.idCountry Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengungkapkan, nilai ekonomi digital Indonesia bisa mengalahkan Tiongkok. Karena Indonesia memiliki kekuatan digitalisasi yang masif. Bahkan, digitalisasi Indonesia sudah masuk ke pasar-pasar, bahkan hingga kota-kota pelosok di Indonesia.

“Nah, Kita harus bangga, karena opportunity for us, is rich. Apalagi kita kerja bersama. Telkom ada infrastruktur, terus ada investornya dari pak Nata (Sunata Tjiterosampurno, Senior Partner Northstar Group). Ini kalau kita lihat, kalau orang mengatakan, Indonesia bisa menjadi big fourit will happen. Dan saya percaya, kita juga bisa mengalahkan China (Tiongkok), karena semua kota-kota kecil sudah maju. Karena bisnis kami sudah sampai di kota kecil, driver, merchant kami ada di kota kecil,” kata Neneng dalam acara Investor Daily Summit 2022 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Di BNI Investor Daily Summit, Dirut Telkom (TLKM) Beberkan Peluang Ekonomi Digital

Neneng juga mengungkapkan mengenai digitalisasi di Indonesia. Menurut dia, kekuatan digitalisasi Indonesia terlihat karena Indonesia diperhitungkan di Asean. “Karena Google mengatakan, bahwa ekonomi digital Indonesia akan double di 2030. Penentrasi internet di pandemi itu 64%, post pandemi 74%, akselerasi cepat banget. Jadi kalau kita bisa bilang, pandemi ada blessing in disguise. Populasi masyarakat muda Indoneisa yang memahami seluler juga tinggi, ini memicu ledakan ekonomi digital,” ujar Neneng.

Advertisement

Baca juga: Jaga Ekonomi Tumbuh 5%, Erick Thohir: Potensi Ekonomi Digital Perlu Dieksplor

Neneng juga menceritakan, kiprah Grab dalam melakukan proses digitalisasi di Indonesia. Di Grab, kata dia, pihaknya banyak melakukan on boarding kepada para pedagang pasar. Bahkan, saat ini sekitar 5.200 pedagang pasar yang sudah di-on board.


“Kalau di Grab, saya lihat, saat pandemi, pedagang pasar saat pandemi susah, akhirnya kita on board mereka ke paltform kita, itu penghasilan mereka naik 6 kali lipat, dari biasanya Rp 15 juta per bulan menjadi Rp 120 juta. Itu mpok Siska di pasar Tomang, Jakarta. Jadi improvement-nya luar biasa. Kenapa, karena pada waktu pandemi eggak ada yang datang, terus kita on board, kebetulan mereka itu juga main Instagram, pelanggan-pelanggan yang enggak berani datang ke pasar, itu mereka akhirnya mesan lewat platform Grab mart. Jadi sekarang itu kita sudah 5.200 pasar yang kita on board,” terang Neneng.

Baca juga: Ekonomi Digital Bertumbuh, Blibli Atraktif Integrasikan Omnichannel

Lebih jauh, Neneng menuturkan, kalau ditanya apakah Indonesia digitalisasi sudah maju? jawabanannya, iya. Karena, meski dalam pasar sekalipun, saat ini sudah bisa menggunakan digital.

“Dan kalau mengatakan bahwa kami punya tim, kami bilang bahwa masa depan besar Indonesia ada di kota kecil. Artinya apa? Sekarang di kota-kota kecil mereka sudah melek digital, seperti di Kupang, Jayapura dan lainnya. Dan di sana, survei, mengatakan, terangnya lebih lama. Artinya ekonominya jalan kalau terangnya lebih lama. Karena malam-malam masih tetap ada yang jualan. Jadi siapa yang mengatakan bisnis itu ada di kota besar, sekarang enggak, ada juga di kota kecil juga. Jadi itu sesuatu hal yang sangat menggembirakan,” tandas Neneng.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com