Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dok. Ericsson

Dok. Ericsson

Ericsson Percepat Peluncuran 5G di Pita Frekuensi Sedang

Rabu, 24 Februari 2021 | 17:00 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Ericsson, vendor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global mengumumkan telah meluncurkan tiga radio baru dalam portofolio Massive MIMO, serta mengembangkan portofolio Radio Access Network (RAN) Compute dengan enam produk RAN Compute guna mempercepat peluncuran jaringan 5G pada pita frekuensi sedang.

Solusi baru tersebut didukung Ericsson Silicon, sistem perusahaan pada rangkaian chip (system on a chip/SoC) yang menyediakan kemampuan pengolahan lanjutan untuk evolusi cepat dari jaringan hemat energi dan berkinerja tinggi.

Per Narvinger, head of product area networks Ericsson mengatakan, setelah peluncuran pertama jaringan 5G, saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan 5G dengan memanfaatkan Massive MIMO ke tingkat yang jauh lebih luas.

“Dengan portofolio baru kami, penyedia layanan komunikasi dapat mempercepat pengimplementasian pita sedang mereka secara efisien dengan kinerja yang lebih unggul bagi pelanggan mereka, sekaligus mengurangi konsumsi energi,” terang Narvinger melalui siaran pers, Rabu, (24/2/2021).

Menurut Narvinger, dengan spektrum pita sedang baru tersebut, penyedia layanan komunikasi dapat memanfaatkan aset spektral 5G mereka untuk meluncurkan layanan dengan cepat dan efisien guna memberikan pengalaman yang lebih responsif kepada pelanggan broadband seluler.

“Pita sedang menjembatani kecepatan, kapasitas, dan jarak jangkauan antara pita frekuensi rendah dan pita frekuensi tinggi. Jaringan 5G, yang memanfaatkan spektrum pita sedang dalam skala besar, akan memiliki kemampuan dalam memberikan pengalaman 5G yang matang bagi konsumen dan perusahaan,” ujar Narvinger.

Narvinger menjelaskan, jajaran radio pita sedang Massive MIMO 5G ultra ringan milik Ericsson merupakan bagian dari portofolio Antenna-Integrated Radio (AIR) yang dirancang untuk memudahkan pengimplementasian pita sedang bagi penyedia layanan.

Jaringan tersebut memungkinkan pengalaman pengguna 5G menyeluruh bagi pelanggan, sekaligus mengurangi footprint dan meningkatkan kapasitas hingga lebih dari tiga kali lipat.

Dengan berat hanya 20 kg, radio baru tersebut 45% lebih ringan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan 20% lebih hemat energi, dengan pendinginan pasif untuk meminimalisir perawatan yang membutuhkan biaya banyak.

“Radio tersebut dapat digunakan dari gedung pencakar langit di perkotaan hingga wilayah pinggiran kota dan pedesaan, seperti Fixed Wireless Access, otomotif, transportasi, dan logistik,” tutur Narvinger.

Ericsson juga meningkatkan portofolio RAN Compute dengan enam produk baru, termasuk opsi dalam dan luar ruangan untuk perluasan jangkauan 4G dan peluncuran 5G di pita frekuensi sedang, dengan hasil lebih tinggi hingga 50% dan konsumsi energi 15 hingga 20% lebih rendah.

“Peluncuran portofolio ini dilakukan pada saat yang tepat, karena para operator sedang berpaling untuk memanfaatkan spektrum pita sedang 5G. Radio Massive MIMO dari Ericsson unggul di industri karena bentuknya yang ringkas, dengan desain ringan, yang akan membantu operator mengatasi tantangan pengimplementasian. Selain itu, stabilitas dan kekuatan strategi silikon khusus Ericsson juga membedakannya,” tandas Ed Gubbins, principal analyst GlobalData.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN