Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Press conference SME DigitalFest 2022

Press conference SME DigitalFest 2022

SME DigitalFest 2022

Exabytes Indonesia Ajak UMKM Bersiap Hadapi Digital Revolusi Industri 4.0

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:54 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - UMKM merupakan penyangga perekonomian dengan total lebih dari 60 juta dan kontributor 50% lebih dari Produk Domestik Bruto (PDB). Karena itu, sudah seharusnya UMKM lebih terfokus pada pemanfaatan digitalisasi di era digital revolusi industri 4.0 sehingga tercipta efisiensi dalam menjalankan operasional usahanya serta sistem pemasaran dan memperluas jaringan marketingnya.

“Para pelaku bisnis khususnya UMKM sebaiknya mulai menyiapkan masa depan dengan investasi pada pengembangan keahlian digital serta responsif terhadap industri, bisnis dan perkembangan teknologi,” kata Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia.

Menurut Indra, menjadi komitmen dari Exabytes Indonesia untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia yang sedang bertransisi ke online dan membutuhkan lokasi berbasis cloud untuk membangun website guna memperkuat kehadiran bisnis mereka di ranah digital.

Kantor Exabytes
Kantor Exabytes

Situasi di masa pandemi yang lalu juga berdampak terhadap modal usaha yang menjadi salah satu poin utama berjalannya bisnis bagi para pelaku UMKM. Mobilitas masyarakat yang terbatas untuk melakukan proses pengajuan dalam mengakses produk pembiayaan adalah salah satu di antaranya.

Kepala Bidang Investasi UKM, Pada Asdep Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM, Rossa Novitasari menyatakan memberikan dukungan penuh pada pengembangan UMKM. Menurutnya, hal itu akan memberikan kontribusi pula dalam membangkitkan ekonomi nasional sesuai dengan program pemerintah.

“Apresiasi kepada Exabytes Indonesia yang konsisten menyelenggarakan SME DigitalFest setiap tahun sebagai salah satu bentuk pelatihan gratis yang merupakan sarana bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan diri” ujarnya saat membuka acara SME DigitalFest 2022.

“Sebagai perusahaan pembiayaan yang memiliki komitmen untuk turut memajukan UMKM sebagai pilar utama perekonomian Indonesia, Mandala terus mengembangkan jaringan, baik offline maupun online, di seluruh Indonesia agar memperluas aksesibilitas keuangan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan permodalan para pelaku UMKM”jelas Diano Eko, Chief Marketing Officer PT Mandala Multifinance Tbk.

Memiliki lebih dari 500 points of services yang terdiri dari 270 kantor cabang dan lebih dari 220 counters yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Mandala terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan keuangan para pelaku bisnis tersebut dengan menghadirkan solusi tidak hanya mengembangkan aksesibilitas secara konvensional, tetapi juga dengan inovasi digital tepat guna. Pada Juni 2021, Mandala memperkenalkan aplikasi pembiayaan bertajuk Mantis untuk mempermudah calon nasabah dari seluruh Indonesia dalam mendapatkan akses pembiayaan secara lebih cepat dan efektif.

Langkah digitalisasi melalui Mantis menandai komitmen Mandala dalam turut mengembangkan bisnis UMKM lokal dengan menghadirkan solusi keuangan berupa layanan pembiayaan andal termasuk motor, modal usaha, dan lainnya dengan akses mudah dan cepat secara online tanpa perlu mendatangi kantor cabang atau menyerahkan salinan dokumen fisik. Dengan adanya aplikasi Mantis, Mandala dapat membantu para pelaku UMKM dalam mendapatkan akses modal usaha untuk dapat terus berkembang.
 

 

 

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN