Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari. (Foto: Youtube)

Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari. (Foto: Youtube)

Facebook Bantu UKM Bangkit di Tengah Covid-19

Kamis, 23 Juli 2020 | 15:22 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Survei terbaru dari Facebook menunjukkan, 56% bisnis/usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia yang hadir di Facebook melaporkan lebih dari 25% penjualannya terjadi di platform digital ini. Facebook telah membantu UKM bertahan dari gejolak bisnisnya.

Meski demikian, pandemi Covid-19 juga diakui telah membawa dampak negatif terhadap ekonomi, termasuk kepada pelaku UKM. Namun, UKM tetap merupakan inti dari komunitas di Facebook dan mereka berperan sebagai penggerak roda perekonomian global.

Mulai dari kedai kopi, restoran, hingga desainer grafis, UKM telah menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di setiap negara, berperan mengurangi kemiskinan, dan ketimpangan pendapatan.

Namun, saat ini, mereka tengah menghadapi tantangan luar biasa. Pandemi Covid-19 tidak hanya menjadi persoalan di ranah kesehatan, namun juga menyebabkan krisis ekonomi yang menghantam para pelaku UKM.

Guna melihat bagaimana para pelaku UKM yang ada di atas platform Facebook beroperasi selama masa pandemi Covid-19, Facebook pun bekerja sama dengan Bank Dunia dan Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) melakukan survei selama enam bulan. Survei ini ingin melihat bagaimana pelaku UKM menyesuaikan diri dalam menghadapi krisis.

Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari mengatakan, skala tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM saat ini begitu besar dan berat.

Awalnya, Facebook melihat adanya gambaran yang lebih cerah dari laporan survei terhadap UKM yang merupakan laporan pertama dari rangkaian survei yang telah direncanakan sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

“Ternyata, setelah melakukan survei kepada lebih dari 30.000 pemilik bisnis UKM di lebih dari 50 negara, kami menemukan bahwa mereka begitu terpukul dan sangat membutuhkan bantuan,” ujar Ruben, dalam keterangannya, Kamis (23/7).

PHK Karyawan

Sementara itu, survei Facebook juga menunjukkan, 50% pelaku UKM di Indonesia yang berada di platform Facebook telah mengurangi jumlah karyawannya (PHK) sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Dari sisi pendapatan, para pelaku UKM terkena dampaknya. Survei mengungkapkan, 53% bisnis UKM di Indonesia yang berada di platform Facebook melaporkan penjualannya dalam 30 hari terakhir lebih rendah dari tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Facebook pun berkomitmen untuk terus memperkuat aktivitas jual-beli yang digerakkan oleh komunitas dan membangun solusi untuk membantu pelaku usaha, termasuk UKM, sukses di ranah digital.

Jenis usaha yang muncul di atas platform Facebook dan kegiatan jual-beli yang digerakkan oleh komunitas, termasuk UKM, diketahui akan menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan dapat memberdayakan orang-orang untuk saling terhubung di mana pun  berada.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN