Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Papan digital raksasa terlihat di kampus kantor pusat perusahaan Facebook di Menlo Park, California pada 23 September 2019. ( Foto: JOSH EDELSON / AFP )

Papan digital raksasa terlihat di kampus kantor pusat perusahaan Facebook di Menlo Park, California pada 23 September 2019. ( Foto: JOSH EDELSON / AFP )

Facebook Ingin Internet Indonesia Lebih Cepat

Rabu, 1 Juli 2020 | 20:25 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id -  Facebook, platform jejaring sosial global yang berbasis di Amerika Serikat, berkomitmen untuk menghadirkan koneksi internet yang lebih baik dan cepat kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Karena itu, Facebook pun bekerja sama dengan beberapa mitra di Indonesia untuk mengembangkan teknologi-teknologi terbaru, model bisnis, dan kemitraan yang memberikan suara bagi masyarakat, memperkuat komunitas, dan menciptakan peluang-peluang ekonomi baru.

Kepala Konektivitas dan Kebijakan Akses Facebook Wilayah APAC Tom Varghese mengatakan, walaupun telah membuat peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir untuk menciptakan koneksi internet yang inklusif, masih banyak penduduk Indonesia yang belum terjangkau internet.

“Kami ingin menyediakan akses internet yang cepat kepada masyarakat luas. Karena itu, Facebook Connectivity bekerja dengan beberapa mitra di Indonesia untuk mengembangkan teknologi-teknologi baru, model bisnis, dan kemitraan,” tutur Tom, dalam keterangannya, Rabu (1/7).

Menurut dia, masyarakat Indonesia menggunakan Facebook setiap hari untuk terhubung dengan orang-orang terdekat. Bahkan, edisi terbaru dari Economist Intelligence Unit Inclusive Internet Index menunjukkan bahwa sebagai negara Asia Tenggara dengan penduduk terpadat, Indonesia berkinerja baik pada indeks internet inklusif pada peringkat 57 dari 100 negara.

“Kami melihat bahwa 66% rumah tangga di Indonesia adalah pengguna internet, lebih tinggi dari rata-rata di kawasan Asia (60%),” ujarnya.

Namun, pada saat yang sama, kecepatan internet di Indonesia pada umumnya lebih lambat dari rata-rata regional. Hal ini menekankan pentingnya membangun kapasitas tambahan dengan mengerahkan lebih banyak backhaul fiber di seluruh wilayah negeri.

Tom mengungkapkan, tidak ada solusi tunggal yang dapat menyelesaikan masalah dan memberikan akses internet yang lebih cepat ke banyak orang. Upaya pencegahan kesenjangan digital yang lebih besar dan menutup kesenjangan yang tersisa dalam inklusi internet akan membutuhkan teknologi baru, model bisnis, dan kemitraan.

“Karena itu, Facebook bekerja erat dengan mitra kami di Indonesia untuk memperluas akses jaringan internet, meningkatkan permintaan untuk penggunaan internet dan menurunkan biaya konektivitas, mengoptimalkan investasi jaringan, serta memungkinkan pendekatan baru untuk infrastruktur jaringan telekomunikasi,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, peran Facebook bukanlah hanya sebagai penyedia layanan. Facebook juga menyediakan ekosistem, bekerja dengan penyedia jaringan, manufaktur peralatan, dan mitra ekosistem lainnya untuk mengembangkan model bisnis, alat, dan teknologi baru yang membantu menyediakan akses internet yang lebih cepat.

“Bisnis kami berhubungan erat dengan operator jaringan dan ekosistem seluler. Kami ingin secara aktif mengembangkan ekosistem untuk membantunya tumbuh dengan kinerja jaringan yang kuat dan inovasi berkelanjutan,” tutup Tom.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN