Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Papan digital raksasa terlihat di kampus kantor pusat perusahaan Facebook di Menlo Park, California pada 23 September 2019. ( Foto: JOSH EDELSON / AFP )

Papan digital raksasa terlihat di kampus kantor pusat perusahaan Facebook di Menlo Park, California pada 23 September 2019. ( Foto: JOSH EDELSON / AFP )

Facebook Uji Coba Fitur Toko

Rabu, 26 Agustus 2020 | 11:29 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Setelah memperkenalkan Facebook Shop (Toko Facebook) pada Mei lalu, kini, Facebook mulai menguji coba fitur tersebut di dalam aplikasinya.

Facebook Shop merupakan sebuah tab di mana pengguna akan dapat menemukan produk, dan kemudian, membelinya langsung dalam aplikasi, terutama untuk perangkat seluler.

Uji coba pada tahap awal yang dilakukan untuk pengguna Amerika Serikat (AS) tersebut tampaknya merupakan langkah Facebook untuk memperluas bisnis e-commerce dan menjadikan belanja sebagai tujuan di aplikasi utamanya.

Hal serupa dengan yang sudah dilakukan di dalam Instagram, seperti dikutip The Verge, Rabu (26/8).

Selain uji coba dalam aplikasi, Facebook memperluas fitur baru yang diluncurkan awal tahun ini. Fitur memungkinkan orang menjual produk di Facebook dan Instagram untuk semua bisnis yang memenuhi persyaratan secara global.

Kehadiran tab fitur baru dalam aplikasi Facebook juga bersamaan dengan opsi penyesuaian terbaru, perpesanan, dan upaya untuk meningkatkan hasil dari kinerja penjualan.

Sementara itu, penjual di Facebook juga akan dapat berkomunikasi dengan pelanggan mereka melalui Messenger, Instagram Direct, dan juga WhatsApp, aplikasi dalam satu grup Facebook.

“Toko Facebook memudahkan Anda berinteraksi dengan pelanggan melalui WhatsApp, Messenger, atau Instagram Direct untuk menjawab pertanyaan, memberikan dukungan, dan lain sebagainya,” ungkap Facebook, dalam lamannya, belum lama ini.

Penjual pun dapat menggelar acara Live Shopping di mana mereka melakukan streaming langsung dan memamerkan produk yang dapat dibeli pelanggan secara langsung di Facebook, atau Instagram.

Tidak hanya itu, fitur Checkout di Instagram, yang memungkinkan penyelesaian transaksi melalui aplikasi, kini juga telah diperluas ke semua penjual di AS yang memenuhi syarat.

Biaya transaksi akan dibebaskan hingga akhir tahun 2020 ini karena pandemi Covid-19. Sementara itu, Facebook memperbarui persyaratan bagi penjual untuk memastikan bisnis mereka benar-benar ada dan menjual produk yang autentik.

Semua pembaruan dan perluasan produk tersebut menunjukkan keseriusan Facebook terhadap fitur belanja sebagai lini bisnis. Pada 2019, CEO Facebook Mark Zuckerberg berharap, fitur perdagangan dan pembayaran dapat menjadi masa depan perusahaan.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN