Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
MenkomiInfo Johnny G Plate menyampaikan rasa bangga atas pencapaian GNLD Siberkreasi. (IST)

MenkomiInfo Johnny G Plate menyampaikan rasa bangga atas pencapaian GNLD Siberkreasi. (IST)

GNLD Siberkreasi Juara WSIS Prizes 2020

Rabu, 9 September 2020 | 08:17 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi terpilih menjadi pemenang dalam kontes World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2020. GNLD Siberkreasi dinobatkan sebagai pemenang untuk kategori Action Lines WSIS C4 Capacity Bulding yang terkait pemenuhan tujuan SDGs Goal 4: Quality Education.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate pun menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian GNLD Siberkreasi yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Saya berharap, penghargaan tersebut dapat menginspirasi banyak pihak untuk semakin giat dalam melakukan kegiatan literasi digital dan mempersempit digital divide,” kata Johnny di Jakarta, Selasa (8/9).

Menurut dia, pemerintah melalui Presiden Joko Widodo menyatakan perlunya meningkatkan literasi digital masyarakat. Hal ini penting demi menyongsong era revolusi Industri 4.0.

Bahkan, ketika pemerintah tengah menggenjot pembangunan infrastruktur telekomunikasi guna meningkatan rasio internetifikasi bagi 260 juta penduduk Indonesia, upaya mempersiapkan kemampuan para pengguna internet perlu dilakukan secara simultan.

“Maka, inisiatif literasi digital oleh GNLD Siberkreasi sangatlah relevan saat ini dan perlu direplikasi agar dapat menjangkau sebanyak mungkin penerima manfaat,” jelasnya.

Johnny melanjutkan, penghargaan itu didedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia serta mitra dan jejaring dari GNLD Siberkreasi. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi seluruh pihak, baik pelaksana maupun partisipan kegiatan.

Forum WSIS merupakan platform lintas pemangku kepentingan di bidang telekomunikasi, informasi, dan komunikasi (TIK) yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Sementara itu, penyelenggaraan WSIS Prizes 2020 berlangsung secara virtual karena pandemi Covid-19. Selain GNLD Siberkreasi, tahun ini, Talkshow Literasi TIK Suara Madiun yang digagas Relawan TIK mendapatkan penghargaan Champion untuk WSIS Action Line Category 9 Media.

Kolaborasi Inovasi

Ketua Umum GNLD Siberkreasi Yosi Mokalu menambahkan, meski pandemi Covid-19 masih melanda dunia, sejumlah prinsip dan inisiatif nyata Indonesia kembali mendapat apresiasi di kancah internasional.

Menurut dia, keberhasilan GNLD Siberkreasi meraih penghargaan tersebut melalui proses panjang yang dimulai dari pemungutan suara dibuka untuk umum dan dilanjutkan dengan penilaian internal dari Dewan Penilai ITU.

“Kami harap, kemenangan GNLD Siberkreasi ini dapat menginspirasi gerakan akar rumput lain untuk terus semangat dalam menyebarkan literasi digital, tidak hanya yang ada di Indonesiaa. Mari terus berkomitmen mewujudkan dunia yang lebih baik,” katanya.

Yosie menuturkan, kegiatan literasi digital yang dijalankan GNLD Siberkreasi telah berhasil menumbuhkan minat masyarakat untuk menjadi content creators. Dua tahun terakhir, lebih dari 700 content creators di Indonesia pun berhasil terinspirasi oleh GNLD Siberkreasi.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN