Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era  Digital. (IST)

Peluncuran buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital. (IST)

GoSend Luncurkan Buku untuk UMKM

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:09 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - GoSend, salah satu layanan on-demand logistik terdepan di Indonesia, meluncurkan buku “Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital”.

Buku merangkum lanskap dan berbagai strategi bisnis UMKM di era digital, mulai dari strategi menangkap peluang dan merintis usaha baru pascapandemi Covid-19, strategi social selling, yaitu teknik berbisnis yang mengandalkan kreativitas dalam berkomunikasi melalui media sosial, hingga tips membangun loyalitas konsumen.

Buku tersebut merupakan bagian dari kampanye #BestSellerGoSend yang bertujuan untuk memperkaya ilmu bisnis dan pemasaran para pelaku UMKM. Buku terbitan Elex Media Komputindo ini dapat dibeli di toko-toko buku terdekat dan hasil penjualan sepenuhnya untuk berbagai program kemajuan UMKM oleh GoSend.

“Kami menyusun buku ini untuk menjawab kebutuhan dan membekali para pelaku UMKM, khususnya social seller dengan wawasan yang relevan sehingga mereka mampu memaksimalkan potensi bisnisnya di era digital,” kata Head of Marketing Logistics Gojek Marsela Renata, dalam konferensi virtual, Selasa (24/5/2022). 

Baca juga: Gojek Fasilitasi Pengiriman KTP dan KIA Warga DKI Jakarta Lewat GoSend

Menurut dia, cukup banyak pelaku UMKM yang sudah go digital namun masih menghadapi sejumlah tantangan, terutama pada jalur pemasaran digital dan efektivitas bisnis. Karena itu, buku itu diharapkan  dapat membantu pelaku UMKM menjawab tantangan-tantangan tersebut.

Selain itu, buku telah dilengkapi dengan berbagai kisah inspiratif dari para #BestSellerGoSend yang membagikan pengalaman serta tips dan trik lika-liku berwirausaha.

Sementara itu, pakar bisnis dan UMKM yang terlibat dalam penyusunan buku,  antara lain Prof Rhenald Kasali PhD, Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Kemudian, Yuswohady, praktisi dan konsultan marketing di Inventure yang telah menulis 60 buku laris bertema bisnis dan pemasaran. Selanjutnya, Yudo Anggoro, Kepala Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB Kampus Jakarta dan Direktur Center for Policy and Public Management SBM ITB.

Ada juga Wulan Ayodya, konsultan wirausaha, Founder lembaga kursus UMKMKU serta penulis buku bertema kewirausahaan terbitan Elex Media Komputindo. Terakhir, Arief Ardinugroho, konsultan bisnis dari Funtastic Consulting dan penulis buku bertema kewirausahaan terbitan Elex Media Komputindo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno pun menyampaikan apresiasinya terhadap peluncuran buku “Kiat Jitu Menjadi Best Seller” oleh GoSend.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh GoSend dalam mendukung pertumbuhan dan peningkatan kapasitas pengetahuan UMKM yang diwujudkan melalui buku ini, sehingga pelaku ekonomi kreatif  tidak hanya survive, tapi juga revive and thrive,” ujar Sandi, panggilan akrab Sandiaga.

Pada kesempatan terpisah, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga memberikan apresiasinya. “Upaya GoSend dalam merangkum peta perjalanan bagi UMKM di era digital sangat informatif, praktis, dan inspiratif bagi pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan pasar dan meningkatkan skala usaha khususnya pada masa pemulihan pascapandemi,” ungkap Teten.

Baca juga: Korporasi Bantu Transformasi Digital UMKM, Kemendag Beri Apresiasi

Dukung UMKM

Peluncuran buku itu melanjutkan upaya berkelanjutan GoSend dalam mendukung pelaku UMKM social seller untuk meningkatkan skala bisnisnya.  Pada 2021, riset oleh Lembaga Demografi FEB UI menemukan bahwa mayoritas social seller (71%) mengatakan bahwa layanan GoSend membantu menghemat waktu.

Sementara itu, sebanyak 35% merasakan perubahan pendapatan usaha online semenjak mulai menggunakan layanan GoSend. Sinergi layanan logistik yang handal dan partner e-commerce pun turut menjadi pilihan bagi para seller.

Data internal GoSend juga mencatat, adanya kenaikan transaksi pada kuartal I- 2022 GoSend di Tokopedia sebanyak lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jumlah seller UMKM pengguna GoSend di Tokopedia juga naik 65% pada periode yang sama.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN