Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Vice President of Marketing Grab Cheryl Goh (kiri) dalam acara Tech in Asia Conference di JCC Senayan, Jakarta, Selasa, (8/10).  (Foto: Emanuel Kure/ID)

Vice President of Marketing Grab Cheryl Goh (kiri) dalam acara Tech in Asia Conference di JCC Senayan, Jakarta, Selasa, (8/10). (Foto: Emanuel Kure/ID)

Grab Berkembang dengan Strategi Kolaborasi

Emanuel Kure, Rabu, 9 Oktober 2019 | 09:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Vice President of Marketing Grab Cheryl Goh mengungkapkan, Grab memiliki strategi khusus untuk bisa berkembang, bersaing, dan terus meningkatkan penguasaan pasar, termasuk di Indonesia. Dua strategi utama yang dijalankan adalah dengan meningkatkan kolaborasi dengan para mitra dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mendukungnya.

Menurut Goh, bagi Grab, sebagai aplikasi super (superapp) di kawasan Asia Tenggara, persaingan merupakan hal yang yang lazim dan biasa dalam dunia bisnis. Sedangkan untuk bisa bersaing dengan baik dan memenangi pasar, Grab lebih memilih berfokus untuk menawarkan layanan yang berbeda dan menjalin kolaborasi.

“Kami dapat membawa pengalaman kami di regional untuk diterapkan di pasar Indonesia. Di saat yang sama, kami mengembangkan talenta (SDM). Kami juga berpikir untuk bekerja sama dengan lebih banyak mitra,” kata Cheryl, dalam acara Tech in Asia Conference di JCC Senayan, Jakarta, Selasa, (8/10).

Terakhir, pada September lalu, Grab setidaknya telah mengesahkan dua kolabarosinya. Pada Senin (30/9), di Bandung, Grab mengumumkan kemitraan strategisnya antara layanan pengiriman paket on-demand miliknya, GrabExpress, dengan layanan logistik milik PT Kereta Api Indonesia (KAI), yakni Rail Express.

Sebelumnya, di Jakarta, pada Selasa (10/9), Grab juga menggandeng Sejasa.com, start-up yang merupakan lulusan program akselerasi Grab Ventures Velocity angkatan pertama. Sejasa bergerak di bidang layanan kepada pelanggan Grab terkait kebutuhan perbaikan perabotan dan kebersihan (clean and fix) rumah.

Sementara itu, riset terbaru ABI Research yang berpusat di London, Inggris, menyebutkan, Grab mempertahankan pangsa pasar transportasi online (ride-hailing) sebesar 11,4% di kawasan Asia-Pacifik dengan dominasi di pasar Indonesia dan Vietnam. Grab menguasai pangsa pasar di Indonesia 64% dan Vietnam mencapai 74%.

Jika dibandingkan dengan pesaing utama dan terdekatnya, Gojek berhasil menguasai pangsa pasar 35,3% dari pasar bisnis ride-hailing di Indonesia. Sedangkan melalui Go-Viet, Gojek memiliki 10,3% di pasar Vietnam. (lm)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA