Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Program #TerusUsaha Akselerator Batch 2 oleh Grab. (Foto: Dok. Grab)

Program #TerusUsaha Akselerator Batch 2 oleh Grab. (Foto: Dok. Grab)

Grab Buka Pendaftaran Pendampingan UMKM #TerusUsaha Akselerator

Senin, 25 Januari 2021 | 12:52 WIB
Jayanty Nada Shofa

JAKARTA, investor.id - Grab kembali membuka pendaftaran program pelatihan dan pendampingan #TerusUsaha Akselerator Batch 2 bagi ratusan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Diketahui, program Grab #TerusUsaha Akselerator Batch 1 yang diadakan Juli 2020 lalu telah melatih 50 UMKM terpilih dari puluhan kota di Indonesia. Kali ini, Grab berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak kalangan UMKM termasuk para lansia, penyandang disabilitas, serta mantan narapidana.

“Di tengah berbagai situasi yang menantang, kesempatan selalu ada bagi mereka yang mau #TerusUsaha. Karenanya, Grab terus berkomitmen untuk menyediakan platform yang inklusif guna memastikan semua orang, tak terkecuali lansia, penyandang disabilitas dan mantan narapidana, bisa mandiri dalam era ekonomi digital melalui teknologi Grab," kata Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/1).

Ridzki menjelaskan, Grab juga terus berkomitmen untuk membantu digitalisasi usaha untuk semua dengan menyediakan platform inklusif, agar siapa saja bisa menikmati manfaat dari ekonomi digital.

Pada program ini, ratusan UMKM terpilih akan mengikuti pembinaan intensif selama 2 bulan bersama para pakar. Nantinya, akan terdapat tiga fase.

Fase pertama berupa edukasi yang mencakup berbagai ruang lingkup bisnis. Termasuk strategi pemulihan ekonomi, pemasaran, literasi keuangan, serta branding dan public relations. Serta sosialisasi BPOM dan pelatihan pemahaman sertifikasi halal.

Diikuti oleh fase kedua yang membahas platform digital. Dalam sesi ini, para peserta terpilih akan diberikan pendampingan dalam mendaftar dan mengoperasikan aplikasi Grab seperti GrabExpress, GrabFood, GrabMart, dan GrabKios sesuai dengan lini bisnis mereka. Peserta juga akan diberi pembelajaran dalam membuat strategi pemasaran dan berjualan yang menarik dan efektif agar dapat bersaing di platform digital.

Fase ketiga adalah business coaching di mana peserta bisa berkonsultasi terkait strategi bisnis, produk, strategi pemasaran dengan para mentor. Perkembangan peserta juga akan dipantau jika peserta membutuhkan bantuan tambahan.

Setiap sesi nantinya akan difasilitasi oleh praktisi yang ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut baik program #TerusUsaha Akselerator ini.

“Program ini jelas menjadi sebuah bentuk kolaborasi yang dihadirkan oleh Grab Indonesia dalam membantu digitalisasi UMKM, sejalan dengan program pemerintah Indonesia. Februari mendatang kami akan hadirkan program #BeliKreatifDanauToba yang bertujuan untuk mempromosikan UMKM dan industri kreatif di Sumatera Utara. Hal ini sejalan dengan fokus Kemparekraf tahun ini untuk membangkitkan sektor parekraf Indonesia melalui program Bangga Buatan Indonesia," kata Sandiaga.

"UMKM binaan kami yang terpilih juga akan dilatih dalam program Grab #TerusUsaha Akselerator dan kami berharap para peserta dapat belajar, berkonsultasi dan mengembangkan bisnis mereka dengan berbagai wawasan yang akan mereka terima,” jelasnya.

Adapun pendaftaran untuk #TerusUsaha Akselerator Batch 2 sudah dibuka per hari ini hingga 7 Februari mendatang. Calon peserta bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi Grab For Good melalui tautan berikut ini.

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN