Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab dan Bekraf Latih UMKM. (Foto: Grab Indonesia/IST)

Grab dan Bekraf Latih UMKM. (Foto: Grab Indonesia/IST)

GrabExpress Hadirkan 5 Fitur Khusus UMKM

Grab dan Bekraf Latih 400 Wirausahawan Mikro

Abdul Muslim, Jumat, 26 Juli 2019 | 08:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Grab bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) memberikan pelatihan tentang pengelolaan bisnis, pemasaran digital, dan hak kekayaan intelektual kepada lebih dari 400 wirausahawan mikro di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, GrabExpress, layanan kurir Grab, juga memperkenalkan lima fitur yang akan membantu akselerasi bisnis wirausahawan mikro agar lebih efisien.

Sementara itu, peserta pelatihan berasal dari berbagai bidang usaha yang berbeda, termasuk makanan dan minuman, mode, kerajinan tangan, dan lainnya. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia mencatat, pada 2017, terdapat lebih dari 62 juta unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Angka ini naik sebesar 2,06% dibandingkan jumlah tahun 2016 dan terus meningkat hingga sekarang.

Di sisi lain, data Deloitte Access Economics, menunjukkan, 37% UMKM di Indonesia hanya memiliki kemampuan online yang sangat mendasar, seperti komputer, smartphone, atau akses internet. Hal ini melatarbelakangi kerja sama Grab dan Bekraf untuk membantu UMKM dalam meningkatkan kapasitas agar dapat mengembangkan bisnisnya dengan cara yang mudah, aman, dan terjangkau.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menjelaskan, jumlah pertumbuhan UMKM diprediksi terus meningkat setiap tahun. Mereka membutuhkan informasi dan pengetahuan yang mumpuni untuk dapat berkompetisi dengan baik.

Sebagai everyday superapp terkemuka di Indonesia, Grab ingin membantu wirausahawan mikro untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan menciptakan kesempatan ekonomi dan memampukan akses terhadap berbagai layanan yang memiliki kualitas tinggi, namun juga aman.

“Kerja sama dengan Bekraf ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UMKM di Indonesia,” ujar Ridzki, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (25/7).

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pun menjadi salah satu hal penting bagi para pelaku usaha kreatif. Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik, mengungkapkan, dalam menciptakan produk, penting bagi pelaku ekonomi kreatif untuk memiliki pendekatan global dan memiliki visi untuk dapat memasarkan produk mereka secara internasional.

Bekraf siap memfasilitasi akses permodalan seluas-luasnya dan juga pendaftaran HKI untuk mendorong lebih banyak industri kreatif Indonesia dapat bertumbuh. Jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencakup 99,92% dari total unit usaha di dalam negeri, namun baru 11% unit usaha ekonomi kreatif yang punya HKI terdaftar.

Bekraf pun sangat mengapresiasi komitmen Grab dalam membantu meningkatkan kapasitas UMKM di Indonesia. “Bekraf juga akan selalu mendorong pelaku UMKM untuk terus belajar mengenai pemasaran digital, karena melalui digitalisasi ini, bisnis mereka tentunya akan lebih efektif dalam berkembang,” tutur Ricky.

Pada kesempatan itu, GrabExpress juga memperkenalkan lima fitur yang khusus dirancang untuk UMKM Indonesia guna memberikan kemudahan proses logistik. Kelimanya terdiri atas fitur pengiriman antarkota di pulau Jawa dengan Ninja Xpress, langganan paket hemat, fitur pengiriman instan dan same-day, bukti pengiriman dan pelacakan langsung, fitur kirim ke banyak tujuan dan banyak pemesanan sekaligus.

Dalam acara tersebut, Haswar Hafid, selaku head of agency at Facebook, juga berbagi tips tentang cara memaksimalkan berbagai fitur di media sosial (medsos). Ilmu pemasaran visual produk pun dibagikan oleh Fauzie Helmy, fotografer yang juga merupakan Fujifilm X Team.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN