Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab dan BRI Ventures meluncurkan program akselerator Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 5 X Sembrani Wira. (IST)

Grab dan BRI Ventures meluncurkan program akselerator Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 5 X Sembrani Wira. (IST)

Luncurkan Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 5 X Sembrani Wira

Grab dan BRI Ventures Siapkan Start-up Tangguh

Selasa, 21 Juni 2022 | 23:36 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab dan BRI Ventures meluncurkan program akselerator Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 5 X Sembrani Wira. Mengangkat tema Preparing Indonesia’s Start-ups for Post-Pandemic Market, program ini diharapkan dapat membekali start-up di Tanah Air dengan kemampuan dan keterampilan untuk menjadi lebih tangguh, sehingga dapat membangun bisnis yang berkelanjutan.

Tahun 2022 ini, Grab kembali melanjutkan kerja sama yang dilaksanakan tahun 2021  dengan BRI Ventures tersebut. Keduanya menghadirkan program akselerator gabungan, berkolaborasi dengan Alpha JWC Ventures, sebagai salah satu perusahaan modal ventura (venture capital/VC) terkemuka di Asia Tenggara.

Advertisement

Pendaftaran program GVV Batch  5 x Sembrani Wira dibuka pada 21 Juni - 22 Juli 2022. Start-up terpilih akan mengikuti program intensif selama 12-16 minggu dengan rangkaian workshopmentorshipnetworking dengan venture capital, uji coba ide atau produk dalam ekosistem Grab (pilot), serta kesempatan melanjutkan kerja sama dengan Grab dan akses ke pendanaan. 

Baca juga: Millenial dan Gen Z Pilih Grab sebagai Aplikasi dengan Produk Layanan Terbaik

“Grab percaya dengan potensi perusahaan rintisan Indonesia dan kemampuannya dalam menghadapi tantangan yang ada selama mendapatkan dukungan, kesempatan belajar dan akses untuk berkolaborasi,” ujar Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi, dalam pernyataannya, Selasa (21/6/2022).

Melalui program GVV Batch 5 X Sembrani Wira, lanjut dia, Grab tidak hanya memberikan sesi mentorship dan workshop serta akses ke pendanaan, tapi juga kesempatan bagi para founders untuk menguji coba ide, atau produk dalam ekosistem Grab.

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja menambahkan, dengan situasi global yang terjadi saat ini, pendekatan yang digunakan oleh VC untuk mengucurkan pendanaan juga akan berubah seiring dengan perubahan ekspektasi pasar.

Para founder start-up di Indonesia pun perlu menyadari bahwa akan terjadi perubahan fundamental dalam menilai potensi suatu perusahaan rintisan. Program GVV Batch 5 X Sembrani Wira akan menjadi salah satu wadah tepat bagi para start-up lokal untuk mempersiapkan dalam membangun bisnisnya yang berkelanjutan. 

“Dukungan terhadap keberlangsungan ekosistem start-up Tanah Air merupakan bentuk komitmen BRI Ventures  dalam mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia,” tutur Nicko.

2 Sektor Bisnis

Kali ini, program GVV angkatan kelima akan menargetkan para start-up di dua sektor, yaitu SME Enablement (Pemberdayaan UMKM) dan direct to consumers (D2C).

Pengembangan UMKM Tanah Air merupakan salah satu fokus utama Grab, sehingga layanan yang dapat mendukung pemberdayaan UMKM, seperti point of sale (POS), customer relationship managemente-commerce enablement, software as a service (SaaS) masih menjadi prioritas pada tahun ini. 

Baca juga: BRI Ventures Siapkan IPO Beberapa Start-Up Binaannya

Sebagai sektor baru yang disasar GVV tahun ini, start-up dengan model bisnis  D2C juga diprediksi menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk berkembang maupun memberikan kemudahan bagi konsumen.

Hal tersebut terlihat dari tren menjamur dan berkembang pesatnya bisnis baru, seperti food and beveragebeauty, dan fashion beberapa tahun terakhir. Pada paruh pertama tahun 2021 saja, 17 VC elah memberikan pendanaan ke consumer brand.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN