Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab jalin kerja sama dengan Kemenparekraf untuk kembangkan UMKM Ekraf. (IST)

Grab jalin kerja sama dengan Kemenparekraf untuk kembangkan UMKM Ekraf. (IST)

Grab dan Kemenparekraf Kembangkan UMKM Ekraf

Abdul Muslim, Jumat, 29 Mei 2020 | 19:15 WIB

JAKARTA, investor.id - Grab Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada Jumat (29/5). Keduanya akan bekerja sama secara jangka panjang untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Indonesia.

Nota Kesepahaman itu ditandatangani oleh Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) Nia Niscaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Penandatanganan dilakukan secara virtual dan disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio serta mitra strategis lainnya.

Menparekraf mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19, peran digitalisasi makin terakselerasi dan menjadi  begitu penting. Pemerintah pun telah meluncurkan kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia.

Menurut dia, #BeliKreatifLokal menjadi salah satu program dari Kemenparekraf untuk agar mitra yang terdampak Covid-19 dapat bangkit, sehingga bisa menyokong perekonomian bangsa.

“Dengan menggandeng mitra yang lebih banyak, seperti kerja sama dengan Grab Indonesia ini, akan semakin mengoptimalkan program dan memberikan bantuan untuk meningkatkan produktivitas pelaku ekraf,” ujar Wishnutama, dalam keterangannya.

Ridzki Kramadibrata menambahkan, kerja sama tersebut dijalin sejalan dengan misi GrabForGood yang senantiasa menciptakan inovasi dengan teknologi untuk dapat memberi dampak positif.

Selama masa pandemi, Grab terus memperkuat layanan untuk dapat mendukung digitalisasi bisnis ekonomi kreatif agar dapat bertumbuh dan memberi layanan bagi masyarakat.

“Kami sangat senang bisa bermitra dengan Kemenparekraf untuk merangkul lebih banyak mitra pelaku ekraf, sehingga mereka bisa bangkit dan terus maju di tengah situasi ini,” tutur Ridzki.

Pemetaan

Kedua belah pihak juga telah mulai memetakan inisiatif dan program jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dan membantu UMKM Ekraf pascapandemi Covid-19, atau dimulainya periode New Normal. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi sebelumnya pada 2018 untuk mendukung pariwisata Indonesia.

Melalui kerja sama tersebut, Grab akan mendukung gerakan #BeliKreatifLokal yang merupakan program percontohan dari kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi Pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan UMKM Ekraf di tengah pandemi Covid-19.

Dukungan yang diberikan termasuk pendampingan proses onboarding mitra-mitra UMKM ke layanan GrabFood dan GrabMart dan skema kerja sama yang dikustomisasi untuk para mitra #BeliKreatifLokal yang terdaftar di GrabFood dan GrabMart.

Begitu juga, ada kerja sama notifikasi khusus #BeliKreatifLokal di GrabFood untuk meningkatkan visibilitas mitra UMKM kepada pengguna serta dukungan program pemasaran dan jalur komunikasi bagi mitra UMKM di layanan GrabFood dan GrabMart.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN