Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Motor listrik GrabWheels akan promosikan pengiriman paket  Lazada dengan lebih ramah lingkungan. (IST)

Motor listrik GrabWheels akan promosikan pengiriman paket Lazada dengan lebih ramah lingkungan. (IST)

Grab dan Lazada Kerja Sama Pengiriman Barang yang Ramah Lingkungan

Senin, 8 Maret 2021 | 15:18 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Grab, aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, mengumumkan kolaborasinya dengan Lazada, e-commerce terdepan di Asia Tenggara. Keduanya meluncurkan inisiatif pertama yang akan mempromosikan pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan.

Armada dalam kerja sama tersebut berasal dari GrabRental, model bisnis penyewaan GrabWheels. Grab akan menyewakan motor dari armada GrabWheels untuk mengirimkan paket kepada konsumen Lazada di area Jabodetabek.

Kolaborasi  itu merupakan bagian dari kampanye #LangkahHijau Grab dan Lazada, salah satu e-commerce terdepan di Asia yang memiliki jaringan logistik yang luas. Melalui Lazada Logistics, Grab turut berkontribusi dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang berkelanjutan.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, pihaknya telah bekerja dengan pemerintah dan berbagai mitra pada sejumlah inisiatif lingkungan hidup. Salah satunya dengan mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan motor berbasis listrik di Indonesia serta untuk membangun masa depan yang lebih ‘hijau’ bagi negara.

Sementara itu, lanjut dia, bisnis e-commerce telah berkembang pesat selama setahun terakhir dan logistik adalah tulang punggung yang mendukungnya.

“Kami sangat bersemangat untuk mengumumkan kemitraan kami dengan Lazada untuk mengurangi jejak emisi karbon dalam pengiriman paket serta memperluas jangkauan logistik mereka," ujar Ridzki.

Perkuat Logistik

Chief Logistics Officer of Lazada Indonesia Philippe Auberger menambahkan, Lazada menyambut baik kolaborasi membawa kendaraan elektronik ke dalam ekosistem logistiknya dan sangat senang dapat bermitra dengan Grab dalam program tersebut.

Menurut dia, pembangunan ekosistem e-commerce yang berkelanjutan serta ramah lingkungan merupakan komitmen Lazada, sehingga berusaha mengurangi jejak karbon dalam mengirimkan paket pelanggan yang tinggal di wilayah Jabodetabek.

“Kemitraan dengan Grab ini sekaligus menegaskan komitmen kami dalam memberikan solusi logistik yang berkualitas bagi bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, dalam sebuah riset yang berjudul Studi Lazada tentang Percepatan Transformasi Digital Melalui e-Commerce, salah satu temuan utama adalah peran penting logistik dalam membangun ekosistem digital.

Kolaborasi penggunaan motor listrik GrabRental adalah bagian dari komitmen last mile Lazada. Kendaraan listrik ini dapat menjangkau jarak hingga 130 km dengan kecepatan hingga 100 km/jam dan membawa beban hingga 130 kg.

Kolaborasi terbaru tersebut adalah wujud nyata komitmen jangka panjang Grab untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik yang sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN