Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab. Foto: IST

Grab. Foto: IST

Grab Investasi US$ 500 Juta di Vietnam

Abdul Muslim, Rabu, 28 Agustus 2019 | 20:03 WIB

JAKARTA, investor.id - Grab mengumumkan investasi US$ 500 juta, atau sekitar Rp 7,02 triliun di Vietnam untuk memacu perkembangan ekonomi digital di tengah tren pertumbuhan yang kuat dalam bisnis transportasi, pengiriman makanan, dan pembayaran. Investasi akan digelontorkan selama lima tahun ke depan guna memanfaatkan peluang dalam bisnis teknologi keuangan (fintech), solusi mobilitas baru, dan logistik.

Pada saat yang sama, Grab juga mengumumkan peta jalan (roadmap) pengembangan Tech For Good yang akan membantu mengangkat masyarakat lokal agar mentas dari kemiskinan, membangun tenaga kerja Vietnam yang sangat terampil, dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi lingkungannya.

Head of Regional Operations of Grab Russell Cohen mengatakan, investasi itu adalah cerminan dari komitmen Grab yang berlipat ganda ke Vietnam. Perekonomian negara yang berkembang pesat dan populasi muda yang mobile menjadikannya matang untuk adopsi layanan digital.

“Seiring upaya meningkatkan skala bisnis makanan, pengiriman paket, transportasi, dan pembayaran kami di seluruh negeri, kami berharap dapat memanfaatkan dan berinvestasi dalam peluang baru yang muncul di ruang fintech, mobilitas, dan logistik, untuk menghasilkan nilai dan inovasi yang lebih besar bagi pelanggan dan mitra," ujar Russel, dalam keterangannya, Rabu (28/8).

Country Head of Grab Vietnam Jerry Lim menambahkan, Grab merupakan salah satu investor teknologi terbesar di Vietnam. Pada akhir 2019, Grab akan menginvestasikan lebih dari US$ 200 juta untuk memperbaiki mata pencaharian pengguna dan mitra layanan perjalanan, pengiriman makanan, logistik, dan pembayaran tanpa uang tunai.

Sementara itu, secara keseluruhan, total investasi US$ 500 juta akan mempercepat upaya Grab untuk meningkatkan kualitas hidup bagi jutaan orang Vietnam di luar pengguna akhir ekosistem aplikasi super (super app) Grab.

“Dengan menyelaraskan bisnis Grab dengan rencana pembangunan sosial-ekonomi pemerintah, kami ingin memberikan kontribusi yang signifikan dan bermakna bagi pertumbuhan sosial-ekonomi jangka panjang Vietnam dan mendukung ambisi Industri 4.0 negara itu," ujar Jerry.

Sejak masuk ke Vietnam pada tahun 2014, Grab telah menjadi super app terkemuka di negara itu serta telah berada di posisi terdepan dalam bisnis pengiriman makanan dan dibutuhkan oleh para konsumennya. Sedangkan Moca, mitra strategis Grab dalam pembayaran, merupakan salah satu pemimpin teratas dalam pembayaran digital.

Total volume pembayaran Moca pada aplikasi Grab telah tumbuh 150% pada semester pertama tahun ini dengan pengguna aktif seluler bulanan tumbuh lebih dari 70%. Selanjutnya, GrabFood juga telah menjadi platform pengiriman makanan teratas di Vietnam karena pada semester pertama tahun ini tumbuh 400% dan pesanan harian rata-rata mencapai 300 ribu.

Pada periode itu, GrabFood telah menandatangani perjanjian dengan restoran papan atas, seperti Lotteria dan lainnya. Hingga saat ini, Grab telah membantu ratusan ribu mitra pengemudi dan memperbaiki mata pencahariannya dengan akumulasi pendapatan hampir US$ 1 miliar dan mendorong jutaan orang di Vietnam untuk mengadopsi pembayaran tanpa uang tunai melalui kemitraan strategis dengan Moca.

Pedagang GrabFood juga melihat pendapatan bisnis tambahan tumbuh 300% dalam 2-3 bulan bergabung di platform.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN