Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab. Foto: IST

Grab. Foto: IST

Grab Perketat Standar Keamanan Cegah Penularan Covid-19

Emanuel Kure, Kamis, 19 Maret 2020 | 08:05 WIB

JAKARTA, investor.id - Grab, super app terkemuka di Asia Tenggara menginstruksikan kepada mitra pegemudi, pengantaran, merchant, dan karyawan untuk bahu membahu melawan pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak terkait untuk memerangi pandemik Covid-19.

Grab memperketat standar keamanan dan menerapkan standar baku untuk mencegah penularan Covid-19.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant, dan karyawan Grab Indonesia bersatu untuk melawan musuh bersama yaitu pandemi virus.

Managing Director Grab Indonesia,Neneng Goenadi. Foto: IST
Managing Director Grab Indonesia,Neneng Goenadi. Foto: IST

“Melalui gerakan KitaVsCorona, kami terus berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif, membangun keteguhan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia saat masyarakat bergotong royong untuk meratakan kurva pandemi,” kata Neneng, melalui siaran pers di Jakarta, Rabu, (18/3/2020).

Menurut Neneng, sejak dimulainya wabah penyebaran virus Covid-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pemangku kepentingan Grab pada respons terhadap Covid-19.

“Di Grab, kami menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, mitra pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional kami. Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi kami, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi penyebaran virus di Indonesia,” ujar Neneng.

Neneng menambahkan, selama masa yang tidak pasti ini, sebagai aplikasi serba bisa di Indonesia, pihaknya memiliki kewajiban untuk memastikan seluruh lini layanan berjalan dengan risiko yang lebih minim bagi semua pelanggan dan lini mitra yang kami layani dan dukung dalam platform Grab.

“Kami sangat bersyukur para mitra pengemudi, pengantaran dan merchant kami, telah menjadi pahlawan yang membantu keseharian kita, yang terus melayani masyarakat Indonesia pada masa yang penuh cobaan ini. Kami telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup mereka,” tambah Neneng.

Sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, Grab juga telah memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak di antara kedua pihak. Pelanggan GrabFood dan GrabExpress dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah.

Pertama, informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan. Kedua, mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya dua meter dari pesanan tersebut.

“Grab juga menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya,” kata Neneng.

Selain itu, Grab juga mengimplementasikan langkah pencegahan tambahan di seluruh gerai GrabKitchen di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. Menurut Neneng, seluruh staf GrabKitchen termasuk staf mitra merchant akan dicek suhu tubuhnya setiap hari sebelum mulai bekerja.

Seluruh mitra pengantaran akan dicek suhu tubuhnya sebelum mengambil pesanan pelanggan.

“Seluruh mitra merchant akan memastikan bahwa semua pesanan makanan telah dibungkus dengan benar sebelum diserahkan kepada mitra pengantaran dengan kontak seminimum mungkin,” lanjut Neneng.

Tak hanya itu, Grab Indonesia juga berkomitmen untuk juga menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan. Di antaranya kewajiban bagi karyawan yang sakit untuk tidak masuk bekerja, pembersihan menggunakan bahan disinfektan di kantor, menyediakan pembersih tangan di kantor, serta kewajiban bagi karyawan untuk menyatakan deklarasi riwayat perjalanan mereka. Grab juga menyediakan masker wajah untuk karyawan di lini terdepan yang mempunyai risiko lebih tinggi.

“Kami berharap konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik. Kami akan memanfaatkan platform KitaVsCorona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi Covid-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Neneng

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN