Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Acara Grab umumkan kelulusan lima finalis Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3, Kamis (1/10). (IST)

Acara Grab umumkan kelulusan lima finalis Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3, Kamis (1/10). (IST)

Umumkan Lima Lulusan GVV Angkatan 3

Grab Pertegas Dukung Pengembangan Start-up

Jumat, 2 Oktober 2020 | 07:43 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab Indonesia, sebagai aplikasi serba bisa terkemuka, pada Kamis (1/10), mengumumkan kelulusan lima finalis Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3. Hal ini sekaligus mempertegas komitmen Grab dalam mendorong perkembangan ekosistem start-up dan ekonomi digital di Indonesia.

Dengan teman besar Memberdayakan Pengusaha Mikro dan jalur fokus Dukungan Usaha Kuliner, GVV Angkatan 3 meluluskan LunaPOS, Printerous, KliknClean, GetCraft, dan Workmate. Mereka telah memperkuat strategi bisnisnya serta menunjukkan ketahanan bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Lima start-up tersebut telah mendapat kesempatan untuk meningkatkan kapabilitasnya melalui  workshops, bimbingan 1:1, dan menumbuhkan bisnisnya berkat akses kepada basis merchant Grab.

Dengan fokus untuk menyediakan solusi digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor kuliner, GVV juga mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan membantu UMKM untuk berkembang.

Acara kelulusan tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Republik Indonesia Airlangga Hartarto dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Teten Masduki, yang diwakili oleh Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Victoria Br Simanungkalit.

Hadir pula Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan dan CEO BRI Ventures Nicko Widjaja sebagai mitra Grab Ventures.

“Percepatan pemulihan ekonomi nasional menjadi salah satu fokus utama pemerintah Indonesia saat ini. Untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, kami yakin bahwa digitalisasi dapat membantu UMKM untuk tumbuh dalam era new normal,” ujar Airlangga Hartarto, dalam keterangannya, Kamis (1/10).

Menurut dia, UMKM memahami pentingnya digitalisasi dan pemerintah membutuhkan lebih banyak mitra bagi UMKM untuk menyadari potensi teknologi dalam mengembangkan bisnisnya.

Victoria Br Simanungkalit menambahkan, digitalisasi UMKM menjadi kunci dari pemulihan ekonomi Indonesia. Pemerintah juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp 123,46 triliun melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Namun, kolaborasi secara menyeluruh sangat penting untuk bisa mewujudkannya.

“Oleh karena itu, saya mendukung para start-up lulusan dari GVV Angkatan 3 dengan inovasi digitalnya yang akan terus memberdayakan kelangsungan hidup UMKM dalam tahap pemulihan ekonomi di Indonesia,” tambahnya.

Untuk memaksimalkan target 10 juta UMKM yang terdigitalisasi, pemerintah pun mengajak para start-up untuk turut mendukung pelaku UMKM melalui inovasi teknologinya.

Sementara itu, Kemenkominfo mendorong penguatan literasi digital dan  pembangunan infrastruktur telekomunikasi Indonesia. Salah satunya dengan program Gerakan Nasional 1.000 Start-up Digital yang dirintis sejak 2016.

“Saya berharap, kelima start-up lulusan ini dapat memberikan inspirasi para UMKM untuk terus berinovasi dan terus berkarya serta dapat mendukung usaha pemerintah dalam memulihkan perekonomian Indonesia,” jelas Semuel Abrijani Pangerapan.

Workshop

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyampaikan, program GVV dirancang untuk membangun ekosistem start-up yang lebih kuat di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Grab memahami kebutuhan utama dari para start-up. Melalui pendampingan, Grab membantu memperkuat bisnisnya serta memaksimalkan potensi solusi digital untuk lebih memberikan dampak positif bagi UMKM.

“Kami sangat bangga dengan lulusan GVV Angkatan 3, dan bersama dengan inovasinya, kami dapat memanfaatkan teknologi untuk mendukung UMKM bertahan dari situasi ini dan mendukung program PEN,” ucap Neneng.

Kelima start-up tersebut telah dibekali materi workshop yang mencakup berbagai topik, termasuk pendanaan, pengelolaan dan laporan keuangan, serta manajemen perubahan dan sumber daya manusia. Start-up juga mendapat sesi bimbingan tentang strategi pengembangan bisnis dari eksekutif Grab.

Lebih lanjut, Grab Ventures juga telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kemitraan strategis dengan BRI Ventures untuk menciptakan inisiatif baru dalam rangka mendukung komunitas start-up.

Setelah lulus dari program GVV, LunaPOS, Printerous, dan KliknClean akan terus memberdayakan UMKM dengan bergabung dalam ekosistem Grab sebagai mitra bisnis resmi. Sebelumnya, mereka telah mengalami peningkatan pendapatan hampir 40% saat melakukan uji coba di platform Grab.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN