Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia (dua kiri) bersama Jessica Yamada, owner DapurFit (kiri) di sela pelatihan #TambahSukses dengan GrabExpress di Surabaya, Kamis (5/12/2019). Foto:Amrozi Amenan

Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia (dua kiri) bersama Jessica Yamada, owner DapurFit (kiri) di sela pelatihan #TambahSukses dengan GrabExpress di Surabaya, Kamis (5/12/2019). Foto:Amrozi Amenan

GrabExpress Tingkatkan Kompetensi UMKM di Jatim

Amrozi Amenan, Jumat, 6 Desember 2019 | 16:33 WIB

SURABAYA, investor.id - Grab memberikan pelatihan pemasaran dan fotograsi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jawa Timur, khususnya di Surabaya guna mendorong peningkatan kompetensi mereka melalui program #TambahSukses dengan GrabExpress.

Head of GrabExpress, Grab Indonesia, Tyas Widyastuti mengatakan, upaya tersebut sejalan dengan komitmen 2025 ‘GrabforGood’ untuk memastikan setiap orang dapat menikmati manfaat penuh dari ekonomi digital.

Di Indonesia, e-commerce tumbuh dengan cepat karena memiliki nilai ekonomi yang bagus. Pelaku UMKM pun harus memanfaatkan momentum itu dengan cara melengkapi dirinya dengan kompetensi yang tepat, sehingga bisa mendorong usahanya tumbuh besar.

"UMKM harus didorong dengan teknologi yang tepat untuk menunjang pertumbuhan tersebut. Ini membuat kami menghadirkan acara #TambahSukses dengan GrabExpress di Surabaya. Harapan kami kombinasi antara kompetensi dan dukungan teknologi Grab, bisa memberikan dampak besar pada perekonomian Surabaya, juga tingkat provinsi dan nasional, sejalan dengan komitmen GrabforGood kami," katanya di sela kegiatan pelatihan ke UMKM di Surabaya, Kamis (5/12/2019).

Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia saat memberikan materi presentasi di hadapan lebih dari 100 online sellers pada pelatihan #TambahSukses dengan GrabExpress di Surabaya, Kamis (5/12/2019). Foto:Amrozi Amenan
Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia saat memberikan materi presentasi di hadapan lebih dari 100 online sellers pada pelatihan #TambahSukses dengan GrabExpress di Surabaya, Kamis (5/12/2019). Foto:Amrozi Amenan

Tyas menjelaskan, program #TambahSukses dengan GrabExpress digulirkan sejak 2017 lalu dan telah menjangkau sebanyak 150 kota di Tanah Air. Namun untuk program pelatihan, pihaknya masih fokus di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Di Surabaya, para wirausahawan mikro dilatih oleh Jessica Yamada pemilik bisnis DapurFit yang berbagi mengenai pemasaran digital, Andrea Tya, praktisi fotografi media sosial Kota Surabaya yang akan memberi pelatihan mengenai teknik memotret produk, dan Kevin Andy, pemilik bisnis Peapepo, agar peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik untuk dapat bersaing di era Industri 4.0.

“Grab terus berusaha meningkatkan keterampilan dan menyediakan kesempatan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia dalam menyambut masa depan ekonomi digital. Surabaya adalah pintu gerbang perekonomian Jawa Timur, mengingat posisinya yang strategis. Kami yakin perkembangan bisnis dan jangkauan pasar pelaku UMKM di kota ini akan memberikan dampak besar pada kota-kota lain di Jawa Timur,” ungkap Tyas.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Purnomo Hadi, mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan UKM mengapresiasi langkah Grab dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Jawa Timur. Inisiatif Grab ini sejalan dengan Program Pemerintah dalam rangka menjadikan UMKM Jawa Timur yang mandiri dan berdaya saing.

"Pelatihan pemasaran digital dan fotografi juga sangat membantu meningkatkan kompetensi UMKM yang sangat relevan dengan semangat Revolusi Industri 4.0 sehingga menjadikan UMKM naik kelas," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, GrabExpress juga memperkenalkan lima fitur baru yakni Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung, Layanan Paket Hemat, GrabExpress Car, Nalangin, dan Pemesanan Via Web.

GrabExpress merupakan layanan kurir berbasis aplikasi yang memiliki pertumbuhan paling cepat di Indonesia. Lebih dari 50% pengguna GrabExpress adalah wirausahawan mikro yang menjual barangnya melalui media sosial maupun marketplace.

Jumlah pengiriman harian dengan menggunakan GrabExpress pun telah meningkat lebih dari 20 kali lipat dalam satu tahun terakhir dimana lebih dari 90% jumlah pesanan tersebut tiba tepat waktu di tempat tujuan.

Kehadiran Grab di Surabaya secara umum juga telah membawa dampak positif bagi perekonomian kota Surabaya. Berdasarkan data dari riset yang dilakukan oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, selama 2018 Grab telah berkontribusi sebesar Rp8,9 triliun pada perekonomian kota Surabaya.

Riset tersebut juga mengungkap bahwa mitra GrabFood di Surabaya, yang rata-rata merupakan pelaku bisnis UMKM, memperoleh peningkatan penjualan sebesar 34% menjadi Rp 1,73 juta per hari. Sebelum bermitra dengan Grab, penjualan rata-ratanya hanya Rp 1,3 juta per hari.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA