Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kolaborasi GrabKios dan Bukalapak terhadap warung. (IST)

Kolaborasi GrabKios dan Bukalapak terhadap warung. (IST)

GrabKios dan Bukalapak Berdayakan Warung

Emanuel Kure, Kamis, 28 Mei 2020 | 19:35 WIB

JAKARTA, investor.id - GrabKios dan Bukalapak, dua jaringan platform digital terbesar untuk pemberdayaan warung di Indonesia, mengumumkan kerja sama strategis untuk penyediaan dan penyaluran produk digital pada hampir 5 juta warung serta agen Mitra Bukalapak yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui kolaborasi tersebut, GrabKios akan menyediakan produk digital di platform Mitra Bukalapak yang dapat dijual para pemilik warung kepada para pelanggannya. Harapannya, kolaborasi ini bisa terus menjaga penghasilan pemilik warung di tengah pandemi Covid-19.

Dengan membantu mereka mempertahankan pendapatan di saat permintaan  produk lain menurun, sehingga kestabilan perekonomian rakyat pemilik warung. Kolaborasi ini akan membantu warung yang pemasukannya terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah.

Chief Strategy Officer Bukalapak Teddy Oetomo mengatakan, perekonomian warung memiliki ripple effect yang cukup luas. Apalagi, keberadaan warung sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar dan hasilnya untuk pemenuhan kebutuhan keluarga sendiri.

“Pada saat bersamaan, stabilisasi perekonomian mikro juga berkontribusi pada ketahanan perekonomian negara. Jadi, kita perlu urun peduli dan urun pikiran meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan para juragan warung,” ujar Teddy, dalam keterangannya, Kamis (28/5).

Sementara itu, Head of GrabKios Grab Indonesia Agung Nugroho mengungkapkan, usaha warung merupakan denyut nadi dan sumber kehidupan masyarakat Indonesia.

Dia juga menyadari bahwa banyak warung yang sedang berjuang keras untuk tetap bertahan akibat pandemi Covid-19. Pada saat yang sama, GrabKios juga telah melihat ketergantungan pada layanan digital meningkat karena semakin banyak orang tinggal di rumah.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat mendorong peningkatan pendapatan warung dengan membantu mereka untuk melayani kebutuhan produk digital dari para pelanggan,” tutur Agung.

Gotong Royong

Di sisi lain, pada masa pandemi Covid-19 yang belum berlalu, Presiden Joko Widodo telah meminta seluruh lapisan masyarakat yang meliputi lembaga pemerintah, bisnis, organisasi, nirlaba, dan individu, untuk mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk berjuang bersama.

Sebab, upaya pemulihan perekonomian Indonesia juga tidak semata-mata ada dan bergantung pada tangan pemerintah. Upaya ini juga perlu melibatkan partisipasi seluruh rakyat Indonesia.

Karena itu, kolaborasi strategis GrabKios dan Bukalapak diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas hampir 5 juta warung serta agen Bukalapak dan berdampak pada masyarakat sekitarnya di Tanah Air.

“Dengan bergotong-royong, Mitra Bukalapak dan GrabKios akan terus memberdayakan pengusaha mikro yang menjadi nadi dari perekonomian di Indonesia,” pungkas Agung.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN