Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi GrabKitchen. (Dok Grab Indonesia)

Ilustrasi GrabKitchen. (Dok Grab Indonesia)

GrabKitchen, Solusi Usaha Kuliner Tetap Berkembang

Senin, 15 Juni 2020 | 07:33 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, yakin bahwa GrabKitchen dengan konsep cloud kitchen menjadi solusi untuk pengembangan bisnis kuliner di era baru (new normal) saat pandemi Covid-19 masih berlangsung di Tanah Air.

Konsep cloud kitchen, atau restoran yang mengandalkan pesanan saja (delivery-only) telah memudahkan usaha kuliner untuk terus berkembang dan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan standar kebersihan terbaik. Saat ini, GrabKitchen telah hadir di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Bali, dengan ratusan merchant tergabung sebagai mitra restoran.

Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya, mengatakan, GrabKitchen diperkenalkan di Indonesia pada 2018 melalui sebuah proyek pilot di Jakarta dan resmi diluncurkan pada April 2019. GrabKitchen pun memperkenalkan konsep cloud kitchen pertama di Indonesia.

“Bagi mitra GrabFood yang sebagian besar UMKM, GrabKitchen menawarkan peluang ekspansi ke wilayah-wilayah baru serta membuka kesempatan untuk menjangkau lebih banyak konsumen melalui pemanfaatan teknologi dan data,” ujar Hadi, dalam keterangannya, akhir pekan lalu.

Menurut dia, konsep cloud kitchen dari GrabKitchen dapat membantu pelaku bisnis kuliner menekan biaya operasional. Sebab, sebagian besar dari kegiatan cloud kitchen merupakan layanan delivery-only, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan investasi besar untuk biaya sewa tempat.

Selain itu, para mitra usaha mendapatkan dukungan pemasaran dalam aplikasi GrabFood sebagai upaya untuk meminimalisasi sejumlah kendala yang umumnya dihadapi para pengusaha makanan dan minuman ketika ekspansi, atau bahkan, memulai bisnisnya.

Bagi konsumen, GrabKitchen tidak hanya menyajikan sajian favorit lebih dekat dan higienis, tapi juga memanjakan lidah dengan lebih banyak pilihan santapan berkat fitur GrabKitchen All in One. Dengan fitur ini, pelanggan dapat memesan berbagai menu hidangan dari beberapa merchant sekaligus lewat satu lokasi hanya dengan satu kali order. 

Manfaat Mitra

Sementara itu, Grab pun menyampaikan beberapa contoh mitra merchant GrabKitchen yang usaha kulinernya tetap bertahan dan terus berkembang pesat walaupun di tengah pandemi Covid-19 yang belum berlalu.  

Berdiri sejak 1977, Restoran Mie Kedondong, milik Clarissa Suwijono di Surabaya, menjadi satu dari ratusan UMKM yang memanfaatkan teknologi GrabKitchen.

Di tengah pandemi Covid-19, Clarissa masih menjalankan bisnisnya dengan mengutamakan pesanan secara daring (online) agar terus bisa melayani kebutuhan pelanggan dan memberikan pemasukan bagi karyawannya. 

“GrabKitchen telah menjadi jembatan dan enabler bagi pengusaha seperti kami, sehingga dapat terus melayani pelanggan dan menghidupi karyawan,” tambah Clarissa.

Tidak hanya Mie Kedondong yang terus berjalan dan beradaptasi dengan kondisi Covid-19, restoran yang terletak di Bandung, Martabak Mertua, yang dikelola oleh Alan Okadanan juga mampu tetap bertahan.

Alan mengaku bahwa pendapatannya sedikit turun selama pandemi Covid-19. Tetapi, ia juga merasa sangat terbantu dengan kehadiran GrabKitchen untuk menopang keberlangsungan bisnisnya.

 “Yang membuat saya sangat terbantu dari GrabKitchen adalah dari data yang dimiliki oleh Grab terkait pemilihan lokasi dan makanan apa saja yang diminati konsumen di daerah tersebut. Informasi tersebut sangat berguna bagi kami untuk menangkap peluang yang ada dan berkreasi dengan menu-menu kami,” jelas Alan. 

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN